BC Adetya Rakasihwi -
Sekian Informasi Bisa saya sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Bukucatatan.xyz. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat
Menirukan P1
|
Memanipulasi P2
|
|
Pengalamiahan P3
|
Artikulasi P4
|
|
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
|
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
|
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang
|
|
Taksonomi
Psikomotor “Dave”
P1
Imitasi
|
P2
Manipulasi
|
P3
Presisi
|
P4
Artikulasi
|
P5
Naturalisasi
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
|
Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan
|
Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
|
Meniru
|
Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan
|
Mendemonstrasikan
Mengontrol
|
Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
|
Merancang
Menspesifikasi
|
Domain Psikomotor “Dave”
|
||||
|
Kategori
|
Deskripsi
Perilaku
|
Contoh
Aktivitas yang diukur
|
Kata
Kerja
|
1
|
Imitasi (Imitation)
|
Meniru
tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi
|
Mengamati
guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas proses.
|
Meniru,
mengikuti, mereplikasi, mengulangi,
|
2
|
Manipulasi (Manipulation)
|
Mereproduksi
aktivitas dari pelatih atau ingatannya
|
Melakukan
tugas dari instruksi tertulis atau verbal
|
Menciptakan
kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan,
mengimplementasikan
|
3
|
Presisi (Precision)
|
Melakukan
keterampilan tanpa bantuan orang lain
|
Mempertunjukkan
keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi,
mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.
|
Mendemonstrasikan,
melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.
|
4
|
Artikulasi (Articulation)
|
Mengadaptasi
dan mengintegrasikan keahlian
|
Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk mengembangkan metoda
|
Mengkonstruksikan,
memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi,
mengembangkan, memformulasi
|
5
|
Naturalisasi (Naturalization)
|
Melkukan
aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki
|
Mendefinisika
tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan
|
Merancang, menspesifkasi,
mengelola,
|
|
|
|
|
|
Domain
Psikomotor “Simpson”
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Persepsi
|
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam
memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas
|
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan,
mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.
|
2.
|
Kesiapan
|
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam
menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima kelebihan dan
kekurangan seseorang.
|
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan mempersiapkan
diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
|
3.
|
Reaksi yang diarahkan”
|
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan bantuan /
bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
|
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan,
membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.
|
4.
|
Reaksi natural (mekanisme)
|
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang
lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan terbiasa melakukan tugas
rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan
sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan,
mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.
|
5.
|
Reaksi yang kompleks
|
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan sesuatu, dimana
hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya.
Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki,
melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani,
mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
|
6.
|
Adaptasi
|
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola sesuai dengan
yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap
kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada
|
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali,
merancang kembali, memodifikasi
|
7.
|
Kreativitas
|
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan kondisi/situasi
tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi
kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru
|
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai,
mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer
|
Sekian Informasi Bisa saya sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Bukucatatan.xyz. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE