Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas XII


Pilihlah jawaban yang benar!
1.    Bacalah paragraf berikut!
Pulau Siberut memiliki panorama sangat memesona. Pulau Siberut yang berada di Kepulauan Mentawai ini menjadi destinasi wisata terbaik yang ada di gugusan kepulauan tersebut. Keindahannya jarang dijumpai di tempat-tempat wisata lain.
diunduh 17 Novenber 2015

Makna istilah tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah tempat ….
A.    Berkunjung
B.    Menarik
C.   Tujuan
D.   Alternatif
E.    Unik

2.    Bacalah paragraf berikut!
Masyarakat Dayak memiliki subsuku paling banyak di Kalimantan Barat. Berdasarkan riset mengenai Suku Dayak oleh Institut Dayakologi, terdapat sekira 165 subsuku  Dayak yang berada di Kalimantan Barat. Tidak heran jika Suku Dayak memiliki bahasa dan budaya yang beraneka ragam. Salah satu kebudayaan Suku Dayak paling terkenal adalah tradisi Gawai. Tradisi ini merupakan perayaan atas berkat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan dalam waktu satu tahun masa bertani. Tradisi ini biasanya dirayakan pada bulan Mei setiap tahun, tergantung pada setiap daerah dan Suku Dayak yang merayakannya.
Disadur dari: http://supraptiponti.blogspot.co.id/,diunduh 17 November 2015

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ….
A.    Aneka ragam bahasa dan budaya Suku Dayak
B.    Gawai, tradisi paling terkenaldi Suku Dayak
C.   Subsuku paling banyak dimiliki masyarakat Dayak
D.   Tradisi perayaan atas berkat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan
E.    Perayaan tradisi pada bulai Mei setiap tahun oleh Suku Dayak

3.    Bacalah paragraf berikut!
1)            Pertanian organik adalah cara menanam tanaman secara alami. 2) pertanian tersebut tidak menggunakan pupuk buatan yang berasal dari bahan bakar minyak dan pestisida. 3) sebaliknya, pertanian organik menggunakan pestisida biologi tanpa kimia. 4) penggunaan pestisida biologi tersebut diatur secara ketat. 5) tujuannya untuk melindungi tanah, udara, makanan, dan hewan liar dari bahaya kimia.
diunduh 17 November 2015

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …
A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)

4.    Bacalah paragraf berikut!
Pendekatan yang digunakan dalam pelatiah kewirausahaan ini adalah pendekatan metakognisi. Pendekatan ini dipilih karena pelatihan kewirausahaan di Negara kita saat ini merupakan suatu alternatif pemecahan dari berbagai dampak krisis multidimensional yang melanda bangsa kita. Dengan demikian, pelatihan kewirausahaan berkaitan dengan orang-orang kurang beruntung dan menjadi korban krisis. Karena itu, pelatihan kewirausahaan melibatkan aspek afektif (sikap) dan aspek kognitif (pengetahuan dan keterampilan) secara integral.

Simpulan yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
A.    Pendekatan metakognisi bertujuan mengubah sikap peserta pelatihan.
B.    Pendekatan metakognisi digunakan dalam pelatihan kewirausahaan.
C.   Pendekatan metakognisi dipilih sebagai alternative pemecahan dampak krisis.
D.   Pendekatan metakognisi melibatkan aspek kognitif dan aspek afektif.
E.    Pendekatan metakognisi mengintegrasikan aspek afektif dan aspek kognitif.

5.      Cermatilah paragraf di bawah ini!
Kapolri Jenderal Pol badrodin Haiti menyambut positif penghargaan kepada orang-orang yang telah bekerja keras tanpa pamrih. Badrodin pun memberikan apresiasi  kepada salah satu peraih penghargaaan yang juga merupkan Anggota polwan dari Polres Nganjuk,Jawa Timur, yakni Aiptu Naniek Yulianti. Naniek mendapat penghargaan pada kategori pelayananan publik karena mampu melayani dan menangani puluhan warga Nganjuk yang dipasang lantaran gangguan jiwa.

Arti istilah apresiasi yang terdapat dalam paragraf tersebut ....
A.     Pembuktian terhadap sesuatu
B.     Penghargaan terhadap sesuatu
C.     Petunjuk terhadap sesuatu
D.     Pengamatan terhadap sesuatu
E.     Kategori pelayanan publik

6. Bacalah paragraf  berikut!
            Kehadiran negara amat dibutukan untuk menertipkan kawasan penambangan emas di Gunung Botak,Kabupaten Buru, Maluku. Tim kantor Kepresidenan dan Kementerian terkait serta Pemerintah Provinsi Maluku harus bisa memastikan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan itu dilaksanakan. Sebuah perintah harus tetap dilihat pelakasaannya. Jangan beranggapan jika perintah sudah dikeluarkan, masalahnya selesai. Tanpa ada komitmen untuk mengamankan perintah  Presiden, kewibawaan pemerintah akan terus tegerogoti.
Dikutip oleh: http//print.kompas.com/baca/2015/11/15/MerongrongKewibawaaan.bacajuga.
Diunduh 15 November2015
Pandangan penulis berdasarkan paragraf tersebut adalah...
A.    Pemerintah Provinsi Maluku harus melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan di Gunung Botak.
B.    Pemerintah setempat harus menimbang dahulu sebelum melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan.
C.   Keputusan untuk menutup aktifitas penambangan di Gunung Botaktergantung oleh Pemerintah Provinsi Maluku, bukan atas perintah Presiden Joko Widodo.
D.   Aktivitas penambangan di Gunung Botak akan tetap berjalan meskipun sudah mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk menutup aktivitas penambangan tersebut.
E.    Perintah Presiden  Joko Widodo terhadap penutupan aktivitas penambangan di Gunung Botak belum tentu dilaksanakan oleh masyarakat setempat.

7.      Perhatikan kalimat berikut!
Dalam penilaian autentik, [ … ] peserta didik sekecil apapun seyogyanya diapresiasi oleh guru.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah ….
A.  aktif
B.  aktifis
C.  aktivis
D.  aktifitas
E.  aktivitas

8.    Cermati pantun rumpang berikut!
        Sungguh indah negeri kayangan,
        …
        Jangan lupakan budi baik teman,
        budi baik dibawa mati
Larik tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.  peri menari di atas peti
B.  suka citamu menari di atas peti
C.  hendaklah kamu berjuang menjaga peti
D.  ternyata semua khayalan diri sendiri
E.  kusadari semua ada di dalam peti

9.    Perhatikan cerita acak berikut!
1)  Kami menumpang truk pengangkut pasir yang hilir mudik sampai di kaki gunung tersebut.
2)  Saya dan teman-teman mendaki Gunung Guntur.
3)  Selanjutnya, pendakian menuju puncak cukup terjal dan berbatu.
4)  Kami tiba di kaki gunung tersebut sekitar pukul 13.00.
5)  Perjalanan kami lanjutkan menuju pos awal.
6)  Jalan munuju puncak didominasi oleh semak-semak.
7)  Akhirnya sampai juga kami di puncak Gunung Guntur sekitar pukul 18.00.

Urutan peristiwa dalam cerita tersebut adalah ….
A.  1)-4)-2)-3)-5)-6)-7)
B.  2)-4)-1)-5)-3)-6)-7)
C.  3)-2)-4)-1)-6)-5)-7)
D.  2)-1)-4)-5)-3)-6)-7)
E.  4)-5)-1)-6)-3)-7)-2)

10. Bacalah paragraf berikut!
Penggunaan obat antibiotik tidak tepat atau tidak sesuai indikasi medis semakin marak. Padahal, penggunaan obat antibiotik bisa menyebabkan kuman penyebab penyakit kebal terhadap obat antibiotik. Akibatnya, pengobatan menjadi lama dan lebih sulit dilakukan.
      Kalimat tanggapan tepat besdasarkan paragraf tersebut adalah …
      A.   Saya tidak setuju, obat antibiotik tetap diberikan kepada pasien karena cepat menyembuhkan penyakit. Obat antibiotik tidak berbahaya asalkan diberikan sesuai petunjuk.
      B.    Saya tidak setuju, obat antibiotik boleh diminum asal sesuai aturan. Obat antibiotik boleh diminum asal sesuai aturan. Obat antibiotik lebih cepat menyembuhkan penyakit khususnya penyakit infeksi. Kita bisa membeli obat tersebut di apotek secara bebas.
      C.    Saya setuju, obat antibiotik tidak perlu diberikan kepada pasien karena memiliki efek samping tidak baik. Obat antibiotik juga tidak boleh dijual secara bebas di apotek.
      D.    Saya setuju, penggunaan obat antibiotik harus menggunakan resep dokter karena termasuk obat keras. Dengan petunjuk resep dari dokter, penggunaan obat antibiotik  akan sesuai indikasi.
 E.   Saya setuju, obat antibiotik tidak boleh dijual secara bebas di apotek. Tujuannya agar masyarakat tidak dapat menggunakan obat tersebut secara bebas. Masyarakat tidak tahu efek yang ditimbulkan obat antibiotik.
    
11. Bacalah paragraf berikut!
      1) Di Indonesia jumlah pengguna narkoba sangat besar. Karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya tentu membawa dampak luas dan kompleks. 2) Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastic, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.
      3) Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program di antaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial dan tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. 4) Program lain yang cukup penting adalah program waspada narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa pengguna narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tidak dikenal atau pengedar melakukan razia dadakan. 5) Penyalahgunaan narkoba sangat besar tersebut akan menghancurkan masa depan bangsa sehingga harus dicegah melalui berbagai program.

Simpulan bacaan tersebut ditunjukkan oleh bukti pada kalimat nomor….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)

12. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
   Abrasi atau erosi pantai adalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Kerusakan garis pantai tersebut dikarenakan oleh terganggunya keseimbangan alam daerah di pantai tersebut. Abrasi ini dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain faktor alam dan faktor manusia. Beberapa faktor alam yang dapat menyebabkan abrasi antara lain angin yang bertiup di atas laut sehingga menimbulkan gelombang serta arus laut yang mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi dengan melakukan penanaman hutan bakau atau mangrove.

Ringkasan paragraf tersebut adalah …
A. Abrasi atau erosi pantai dalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Ada faktor penyebab abrasi , yaitu faktor alam dan faktor manusia. Abrasi dapat dicegah dengan melakukan penanaman hutan bakau atau mangrove.
B. Abrasi juga disebut erosi pantai. Faktor penyebab abrasi adalah alam dan manusia. Cara mencegah abrasi dengan melakukan penanaman hutan bakau atau mangrove. Faktor alam yang dapat menyebabkan abrasi antara lain, angin yang betrtiup diatas lautan.
C. Kerusakan garis pantai dikarenakan oleh terganggunya keseimbangan alam daerah di  pantai disebut abrasi. Ada dua faktor penyebab abrasi, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam disebabkan oleh angin yang bertiup di atas laut yang memiliki kekuatan mengikis daerah pantai.
D. Abrasi atau erosi pantai adalah proses pengikisan pantai. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi dengan melakukan penanaman hutan bakau atau mangrove. Abrasi ini dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain faktor alam dan faktor manusia.
E. Abrasi atau erosi pantai adalah proses pengikisan pantai. Abrasi ini disebabkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Salah satu cara untuk mencegah abrasi adalah penanaman hutan bakau atau mangrove. Abrasi tersebut disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia.


13. Bacalah pernyataan-pernyataan dalam kutipan laporan hasil observasi berikut.
Text Box: (1) Manusia merupakan makhluk hidup dank arena itu memerlukan air.
(2) Bunga anggrek merupakan makhluk hidup dank arena itu memerlukan air.
(3) Kupu-kupu merupakan makhluk hidup dank arena itu memerlukan air.
 







      Pernyataan umum yang tepat untuk kutipan Laporan hasil observasi tersebut adalah….
A.     Semua orang memerlukan air
B.     Semua binatang memerlukan air
C.     Semua tumbuhan memerlukan air
D.     Semua makhluk hidup memerlukan air
E.     Semua makhluk di dunia ini memerlukan air

14. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut.
Text Box: Banyak yang percaya bahwa umur kupu kupu yang sangat singkat.Sebenernya,kupu kupu dewasa mampu hidup selama seminggu ataupun hamper setahun tergantung pada spesiesnya.Kebanyakan spesies melalui tingkat larva yang cukup lama,dan ada yang mampu menjadi dorman ketika dalam tingkat pupa atau telur agar dapat mengarungi musim dingin.  
     






       Makna istilah spesies dalam kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah….
A.     Satuan
B.     Kelompok
C.     Jenis
D.     Kumpulan
E.     Golongan

15. Bacalah teks prosedur kompleks berikut.
Text Box: Cara membatik
1. Buatlah desain batik di atas kain mori. 
2. Lukislah desain yang sudah di buat dengan lilin menggunakan canting.
3. Celuplah kain tersebut pada warna tertentu.
4. Setelah dicelupkan,kain tersebut di jemur dan dikeringkan 
5. Setelah kering,lakukan kembali proses pembatikkan kedua, yaitu untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan pertama.
6. Selanjutnya adalah nglorot,yaitu kain yang telah berubah warna direbus untuk menghilangkan lapisan lilin.
7. Proses terakhir adalah mencuci kain batik dan diangin-anginkan hingga kering.
 








  



Pernyataan yang sesuai dengan cara membatik dalam teks tersebut adalah….
A.    Buatlah desain batik dengan menggunakan canting.
B.    Pencelupan warna dalam pembatikkan hanya dilakukan sekali.
C.   Sebelum proses pencucian yang terakhir kain batik dilorot terlebih dahulu.
D.   Desain kain batik dibuat diatas kain mori yang mengandung lilin.
E.    Setelah dilorot kain batik segera dijemur untuk menghilangkan.





16. Bacalah teks negosiasi yang disusun secara acak berikut.

Text Box: (1) Bagas : kalau potongannya cuman segitu,mendingan saya balik ke toko seberang jalan.
(2) Bagus : ini ada mas.baru kemarin dating harganya juga murah.
(3) Bagas : saya perlu sepeda sport yang ringan.
(4) Bagus : karena mas yang pertama dating ke toko kami,maka diberi potongan harga 10%`.
(5) Bagas : berapa harganya ?

 




     



 Urutan yang tepat teks negosiasi tersebut adalah….
A.     (2),(4),(5),(3),(1)
B.     (2),(5),(3),(4),(1)
C.     (3),(2),(5),(4),(1)
D.     (3),(5),(2),(4),(1)
E.     (3),(5),(4),(2),(1)

17.   Bacalah kutipan novel berikut!
1)         Orang-orang yang sudah berkumpul hendak melihat Srintil menari mulai gelisah, mereka sudah begitu rindu akan suara calung. 2) Belasan tahun lamanya mereka tidak melihat pergelaran ronggeng. 3) Maka bukan main senang hati mereka ketika mendengar Kartareja bersuara; pertunjukan akan dimulai.
4) Lingkaran yang terdiri atas warga Dukuh Paruk segera terbentuk. 5) Tiga penabuh duduk bersila menghadapi perangkat pengiring: sebuah gendang, dua calung, dan sebuah gong tiup yang terbuat dari seruas bambu besar. Sehelai tikar tersedia bagi tempat Srintil menari. Sakum yang menghadapi calung besar cepat menjadi perhatian orang. Tampaknya dia tidak mengutuk matanyayang buta. Sakum hanya tersenyum cengar-cengir. Kedua tangannya memegang pemukul calung, siap menunggu aba-aba gendang.
Disadur dari: Ahmad Tohari, Ronggeng Dukuh Paruk, Jakarta, Gramedia, 2003

Bukti latar budaya ditunjukkan pada kalimat nomor ...
A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)

18.   Bacalah kutipan cerpen berikut!
Lelaki itu masih termenung. Di kejauhan, di atas cahaya perak mentari senja yang tersaput awan, Pak Dirdjo, lelaki tua itu, seakan melihat sekilas bayangan kehidupannya. Sejarah perjalanan hidupnya yang terentang enam puluh tahun lamanya, tergambar jelas di sana. Berhiaskan bunga-bunga harapan, sebelum ajal menjemputnya.
Harapan yang wajar dalam sisa usianya waktu itu hanyalah kehadiran seorang cucu, yang kelak diharapkan dapat meneruskan generasinya. Namun harapan yang ternyata tak lebih dari sebuah obsesi yang mustahil terwujud. Terutama ketika Purwito, anak sulungnya, tak juga mampu menghadiahkan seorang cucu pun kepadanya. Terlebih lagi dengan keputusan Purwito yang dianggap meminggirkan keinginan pribadi Pak Dirdjo selaku ayah kandungnya sendiri. Purwito mengangkat anak dari sebuah panti asuhan. Pak Dirdjo terpaksa menelan kekecewaan. Kini, harapan untuk memperoleh cucu dari Purwito mustahil kesampaian.
Disadur dari: Hamdani, M.W., “Senja yang Muram” dalam Romansa,
Yogyakarta, Labuh, 2005

Konflik yang dialami tokoh Pak Dirdjo dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    penolakan seorang anak untuk memberi cucu kepada ayahnya
B.    keinginan Purwito memiliki anak untuk membahagiakan ayahnya
C.   perseteruan antara Pak Dirdjo dengan Purwito, anaknya
D.   kekecewaan karena tidak memiliki harapan memperoleh cucu
E.    perenungan Pak Dirdjo tentang sejarah perjalanan hidupnya.

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 19-21!
Keesokan paginya koran-koran lokal memuat berita tentang pemogokan buruh PT Pandatex itu besar-besar di halaman satu. Banyak applaus yang diucapkan kepadaku. Aku dinilai telah membuat satu peliputan fantastis dan lengkap sesuai dengan kaidah jurnalistik.
Tapi semua itu tidak membuatku gembira. Aku tidak menemukan satu alasan pun untuk bergembira atas hasil kerjaku itu. Sebab, hati kecilku tidak mungkin berpuas diri, sementara para buruh itu masih saja teronggok dan haknya ditindas. Mungkinkah aku bersorak ria di atas penderitaan mereka?
Beberapa hari kemudian, terjadilah peristiwa yang tidak kalah hebohnya. Salah satu buruh PT Pandatex yang kemarin ikut berunjuk rasa, hilang. Sampai berminggu-minggu, berbulan-bulan, tidak ada kabar beritanya. Ke mana gerangan sang buruh itu pergi. Menghilang, hilang, dihilangkan, ataukah diculik? Atau justru buruh itu telah moksa, seperti orang-orang zaman dahulu? Tidak ada yang tahu.
Dikutip dari: Hamdani, M.W., “Moksa” dalam Romansa,
Yogyakarta, Labuh, 2005

19.   Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Aku melalui ...
A.    pemberitahuan oleh pengarang
B.    perbuatan tokoh
C.   dialog antartokoh
D.   diceritakan tokoh lain
E.    pemikiran tokoh

20.   Latar suasana dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.    gembira
B.    kecewa
C.   sedih
D.   terharu
E.    bahagia

21. Sudut pandang dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
A.     Orang pertama sebagai tokoh utama
B.     Orang pertama sebagai pencerita
C.     Orang ketiga sebagai tokoh utama
D.     Orang ketiga sebagai pencerita
E.     Orang ketiga sebagai tokoh tambahan

22. Bacalah Hikayat berikut!
      Maka kata bayan, “Adalah seekor bayan tiga ekor anaknya; berdiam dia pada suatu lubang kayu. Adapunpada pohon kayu itu ada cerpelai beranak muda. Sebermula adapunanak bayam itu bersahabat dengan anak cerpelai. Maka kata bayan kepada anaknya, “Jangan apalah , hai anakku, engkau bersahabat dengan anak cerpelai itu, karena ia binatang  yang tiada teguh setianya.” Beberapa pula dikatakan  oleh ibu bapanya, tiada juga diturut oleh anak bayan itu. Maka kata bayan pada anaknya, “Engkau ini adalah seperti hikayat anak kera bersahabat dengan anak saudagar ; maka ia beroleh malu dan kejahatan daripada tiada menurut kata bapanya.
        Dikutip dari Tim Balai Pustaka, Hikayat Bayan Budiman,
Jakarta: Balai Pustaka , 2011
    
Tema dalam kutipan Hikayat tersebut adalah...
A.    Perbedaan pendapat antara orang tua dan anak
B.    Dua ekor binatang yang saling bermusuhan
C.   Persahabatan antara anak kera dan anak saudagar
D.   Nasihat orang tua kepada anaknya
E.    Binatang yang tidak memiliki kesetiaan

23. Bacalah Hikayat berikut!
      Maka kata bayan, “Adalah seekor bayan tiga ekor anaknya; berdiam dia pada suatu lubang kayu. Adapunpada pohon kayu itu ada cerpelai beranak muda. Sebermula adapunanak bayam itu bersahabat dengan anak cerpelai. Maka kata bayan kepada anaknya, “Jangan apalah , hai anakku, engkau bersahabat dengan anak cerpelai itu, karena ia binatang  yang tiada teguh setianya.” Beberapa pula dikatakan  oleh ibu bapanya, tiada juga diturut oleh anak bayan itu. Maka kata bayan pada anaknya, “Engkau ini adalah seperti hikayat anak kera bersahabat dengan anak saudagar ; maka ia beroleh malu dan kejahatan daripada tiada menurut kata bapanya.”
               Dikutip dari Tim Balai Pustaka, Hikayat Bayan Budiman,
Jakarta: Balai Pustaka , 2011
      Amanat dalam kuytipan Hikayat tersebut adalah...
A.    Bertemanlah dengan pilihan orang tuamu
B.    Carilah teman sebanyak mungkin
C.   Terimalah teman apa adanya
D.   Jangan memusuhi teman
E.    Patuhilah nasihat orang tua

24. Bacalah kutipan novel berikut!
              Di antara rumah panggung itu berdesak-desakan kantor polisi, gudang-gudang logistik PN, kantor telepon,toapekong, kantor camat,gardu listrik,KUA, mesjid, kantor pos, bangunan pemerintah yang dibuat tanpa perencanaan yang masuk akal sehingga bangunan kosong terlantar, tandon air,warung kopi,rumah gadai yang selalu dipenuhi pengunjung, dan rumah panjang Suku Sawang.
              Komunitas tianghoa tinggal dibangunan permanen yang juga digunakan sebagai toko. Mereka tidak memiliki pekarangan. Ada pun pekarangan rumah orang Melayu ditumbuhi jarak pagar, beluntas,beledu, kembang sepatu, dan semak belukar yang membosankan. Pagar kayu saling silang di parit bersemak di mana tergenang air mati berwarna cokelat- juga sangan membosankan. Entok dan ayam kampung berkeliaran seenaknya. Kambing yang tidak dijaga melalp tanaman bunga kesayangan sehingga sering menimbulkan keributan kecil. 
                 Dikutip dari: Andrea Hirata, Laskar Pelangi, Yokyakarta, Bentang,2008

Nilai sosial budaya dalam kutipan novel tersebut adalah...
A.  Permukiman penduduk dan perkantoran  saling berdampingan
B.  Kepadatan permukiman penduduk dan perkantoran di kota
C.  Keadaan rumah dan pekarangan dipengaruhi oleh budaya suatu etnis
D.  Pertokoan milik komunitas Tianghoa menggunakan  bangunan permanen
E.  Banyak bangunan terlantar karena dibuat tanpa perencanaan

25. Bacalah kutipan novel berikut!

Maria tiada berkedip memandangi diriku yang terlanjur tiada berdaya seperti bayi. Matanya berkaca-kaca hidungnya memerah dan pipinya basah.”Kenapa kau kemari, Maria?” “Kau membuatku menangis Fahri. Kau mengigau terus dengan bibir yang bergetar membaca ayat-ayat suci wajahmu pucat. Air matamu meleleh tiada henti. Melihat keadaanmu itu apa aku tidak menangis,” serak Maria sambil tangan kanannya bergerak menyentuh pipiku yang kurasa basah.
Dikutip dari : Habiburrahman El Shirazy, Ayat-Ayat Cinta, Jakarta,Republika, 2008

 
 









Hubungan unsur instrinsik dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.    Latar suasana berkaitan dengan watak tokoh
B.    Latar suasana berkaitan dengan konflik
C.   Latar tempat berkaitan dengan tema
D.   Tema berkaitan dengan watak tokoh
E.    Alur berkaitan dengan watak
 
26. Cermatilah bait puisi berikut!

                                Padamu Jua
Habis kikis
Segala cintaku hilang terbang
Pulang kembali aku pada-Mu
Seperti dahulu
. . . .

Karya               : Amir Hamzah
Dikutip dari    : Herman J. Waluyo, Apresiasi Puisi, Jakarta,gramedia,2002


 
 











Kalimat kritik tepat sesui bait puisi tersebut adalah . . .
A.    Puisi tersebut bersifat melankolis seperti yang sedang dialami penyair.
B.    Puisi tersebut menggunakan kata denotasi, pembaca mudah menebak isinya.
C.   Kata-kata yang digunakan penyair terlalu mudah dipahami pembaca
D.   Kata-kata yang digunakan terlalu melebih-lebihkan sehingga sulit dipahami.
E.    Penyair menggunakan kata-kata konkret agar lebih jelas ditafsirkan.

27. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Ibu selalu suka membotaki kepala licin-licin. Semenjak aku masih bayi, setiap umurku bertambah setahun, aku mendapat hadiah kepala botak. Pembotakan pertama kali merupakan perayaan yang diperuntukkan bagiku. Hampir seluruh kenalan ibu ayah di kota kami ikut berdatangan. Bercepa- cepong dengan kelezatan makanan yang dihidangakan. Dan seorang lebai yang punyah jubah panjang, tapi belum pernah ke Mekkah, menggeleng-gelengkan kepala dan menadahkan tangan setinggi dagunya, memimpin orang mendoakan rahmat bagiku dengan mulutnya yang ompong. Semua orang gembira tentu. Ibu dan ayahku lebih lagi. Tapi, aku tak tahu apa-apa. Aku masih bayi ketika itu. Lebih separuh orang-orang yang memegang pada perayaan itu tidak ada lagi kini. Sudah berpulang.

Dikutip dari: A.A. Navis,” Pada pembotakan Terakhir” dalam Robohnya Surau Kami,
Jakarta, Gramedia, 1992


 
 











Sinopsis kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A.    Dahulu sewaktu aku masih bayi ibuku suka membotaki kepalaku . Ketika pembotakan
Dirayakan, banyak makan lezat dihidangkan. Banyak kenalan ayah dan ibu datang dalam perayaan itu. Semua orang bergembira.
B.    Pada waktu perayaan pembotakan kepalaku dilaksakaan banyak tamu datang ke rumah. Mereka mendoakan rahmat bagiku. Setiap umurku bertambah setahun ibu selalu membotaki kepalaku. Semua tamu yang datang bergembira.
C.   Ibuku membotaki kepalaku setiap umurku bertambah stahun. Pembotakan kepala itu dirayakan dengan mengundang kenalan ayah dan ibu. Tamu yang datang bergembira dalam perayaan itu. Banyak makanan dihidangkan.
D.   Semenjak bayi setiap umuku bertambah setahun ibu selalu membotaki kepalaku. Pembotakan kepala itu dirayakan oleh orang tuaku. Banyak kenalan ayah dan ibu datang mendoakan aku waktu itu kini sebagian sudah berpulang.
E.    Setiap umurku bertambah setahun kepalaku dibotaki. Pembotakan kepala itu dirayakan oleh ayah dan ibu. Separuh orang yang ikut kini telah berpulang. Pada waktu itu mereka mendoakan rahmat bagiku.

28. Bacalah ilustrasi berikut!

Anto selalu membuat masalah di kelasnya. Ia sering mendapatkan teguran dari guru karena sangat menganggu kegiatan belajar-mngajar. Suatu hari ayah Anto diundang untuk menghadap guru BP. Sebenarnya ayah Anto malu karena ulah ananknya. Namun, ayah Anto tetap tenang menghadapi masalah tersebut.
 
 





Ungkapan tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
A.    Tangan dingin
B.    Kepala dingin
C.   Perang dingin
D.   Darah dingin
E.    Dingin hati

29.   Cermati paragraf berikut!
Tahukah Anda manfaat berolahraga? Olahraga merupakan aktivitas atau kegiatan berguna bagi tubuh. [....] Banyak olahraga sederhana dapat kita lakukan setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, push up dan sit up, senam, atau bersepeda. Sedikitnya kita harus melakukan olahraga sepuluh menit setiap hari agar peredaran darah menjadi lancar dan badan menjadi sehat.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah ...
A.    Banyak manfaat olahraga jika kita rutin melakukan.
B.    Dengan berolahraga, tubuh kita akan sehat dan bugar setiap hari.
C.   Berolahraga juga dapat membuat tidur kita nyenyak.
D.   Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.
E.    Olahraga yang dilakukan dengan teratur akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh.

30.   Cermati paragraf berikut!
Pantai Pasir Padi menyajikan pemandangan pantai yang memesona. Lautnya yang membiru dan berpasir putih bersih memanjang sejauh mata memandang. Dengan ombak laut yang tenang, wisatawan dapat berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [....] Dua puluh ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.
Dikutip dari: Lilis Krisnawati, Pesona Wisata Kepulauan Bangka Belitung,
Intan Pariwara, Klaten, 2010

Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ....
A.    Di Pulau Panjang wisatawan bisa melihat kesibukan para nelayan.
B.    Wisatawan dapat membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan.
C.   Pulau Semajun merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni.
D.   Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah.
E.    Wisatawan juga dapat berlayar menuju Pulau panjang atau Pulau Semajun.

31.   Cermati cerita berikut!
Sebagai penjaga surau, Kakek tidak mendapat apa-apa. Ia hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali se-Jumat. Sekali enam bulan ia mendapat seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang mengantarkan fitrah Id kepadanya. Tapi sebagai garin ia tak begitu dikenal. [....] Karena ia begitu mahir dengan pekerjaannya itu. Orang-orang perempuan yang minta tolong mengasahkan pisau atau gunting, memberinya sambal sebagai imbalan. Orang laki-laki yang minta tolong memberinya imbalan rokok, kadang-kadang uang. Tapi yang paling sering diterimanya ialah ucapan terima kasih dan sedikit senyuman.
Dikutip dari: A.A. navis, Robohnya Surau Kami, Jakarta, Gramedia, 1992

Kalimat tepat untuk melengkapi cerpen rumpang tersebut adalah ...
A.    Orang-orang menyukai kakek.
B.    Kakek sangat tekun bekerja.
C.   Ia lebih dikenal sebagai pengasah piasu.
D.   Banyak orang bersimpati kepada kakek.
E.    Hidup kakek dibantu banyak orang.

32.   Bacalah pantun berikut!

Buah mengkudu kusangka kandis,
kandis terletak dalam puan.
Gula madu kusangka manis,
....

Larik tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah ....
A.    senyum adinda memang manis
B.    gula manis di dalam cawan
C.   bunga melati banyak yang suka
D.   kawan manis idaman hati
E.    manis lagi senyummu, Tuan

33. Bacalah resensi berikut
Tokoh utama novel ini adalah seorang gadis cantik yang masih duduk di bangku SMA. Gadis ini selain cantik juga sedikit tomboi dan jago main basket. Gadis itu bernama Karra yang manja dan pintar mempunyai kakak laki-laki yang sayang sekali kepadanya. Kakak Karra bernama Iraz. Iraz mempunyai teman bernama Ibel. Pertemuan dan perkenalan antara Karra dan Ibel membawa cinta di hati Ibel. Namun Karra tidak pernah menganggap perhatian dari Ibel dan mengacuhkannya. Ibel hanya dianggapnya sebagai seorang kakak.
            Karra justru tertarik dan jatuh cinta pada sosok lain yang cuek dan pemarah. Dia adalah Dira, cowok yang dikenalnya di lapangan basket. Karra tetap memilih Dira meskipun Ibel penuh perhatian dan sayang kepadanya. (……)

Paragraf yang menyatakan kelebihan buku untuk melengkapi resensi tersebut adalah…
A.    Novel ini bertemakan percintaan remaja. Oleh karena itu, novel ini ditujuakan untuk para remaja karena novel ini menceritakan kehidupan dan kisah cinta gadis remaja
B.    Penulis novel Dealova adlah Dyan Nuranindya. Penulis yang lahir di Jakarta pad tahun 1985 ini memang hobi menulis dan mengambar. Selain novel Dealova, Dyan juga telah menerbitkan beberapa novel, seperti Canting Cantiq, Rahasia Bintang dan Cinderella Rambut Pink
C.   Resensi novel Dealova hendak menggambarkan alur kisah yang menarik  dari karya yang cukup laris ini. Mencintai dengan ketulusan adalah satu nilai yang indah. Ada orang yang akhirnya mendapatkan cinta itu dan bahagia karena mendapat cinta tidak bertepuk sebelah tangan
D.   Novel ini sangat menarik untuk dibaca. Kepiawaian penulis dalammengatur setting dengan tema remaja sangat komplet dan dibumbui dengan komedi. Bahasanya mudah dipahami. Alurnya menjadi satu penyelesaian yang menyatukan cinta itu.
E.    Kekurangan buku ini menggunakan bahasa tidak baku. Novel ini masih menggunakan kertas yang kurang bagus sehingga kurang menarik. Peran orang tua dalam novel ini kurang.





34. Bacalah teks prosedur berikut !
Petunjuk menggunakan mesin bor
1)    Pasanglah mat abos.
2)    Masukkan steker ke dalam stop kontak.
3)    Arahkan mesin bor dengan tepat kea rah tempat yang akan dilubangi dan dikunci
4)    Hidupan mesin
5)    Atur kecepatan mesin
6)    Matikan mesin dan tunggu sampai putaran berhenti
7)    (…….)

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah..
A.  Periksa benda yang telah dilubangi
B.  Cabut steker dari stopkontak dan bukalah mata bor
C.  Masukkan bor ke dalam kardus
D.  Bersihkan bor yang telah digunakan
E.  Bukalah mata bor, lalu cabut steker dari stopkontak

35. Perhatikan cerita acak berikut !
1) Kami menumpang truk pengangkut pasir yang hilir mudik sampai di kaki gunung tersebut
2) Saya dan teman-teman mendaki Gunung Guntur
3) Selanjutnya pendakian menuju puncak cukup terjal dan berbatu
4) Kami tiba di kaki gunung tersebut sekitar pukul 13.00
5) Perjalanan kami lanjutkan menuju pos awal
6) Jalan menuju puncak didominasi oleh semak-semak
7) Akhirnya sampai juga kami di puncak Gunung Guntur sekira pukul 18.00
    
Urutan peristiwa dalam cerita tersebut adalah…
A.    1)-4)-2)-3)-5)-6)-7)
B.    2)-1)-4)-5)-3)-6)-7)
C.   2)-4)-1)-5)-3)-6)-7)
D.   3)-2)-4)-1)-6)-5)-7)
E.    4)-5)-1)-6)-3)-7)-2)

36. Cermatilah kalimat berikut !
Adtya makan apel manis.

Kalimat berpola sama dengan kalimat tersebut adalah…
A.    Saya makan dengan lahap
B.    Ibu mengenakan baju lengan panjang
C.   Saya mendengarkan perkataannya dengan serius
D.   Andi belajar matematika dengan sunguh-sunguh
E.    Manteri Perikanan dan Kelautan menenggelamkan kapal asing di perairan Indonesia

37.   Perhatikan paragraf berikut!
Pagi itu saya hendak periksa kesehatan di rumah sakit. Saya menggunakan kartu BPJS dalam pemeriksaan kesehatan tersebut. Sebelum loket pendaftaran dibuka sudah banyak pasien (……) disana. Padahal, pagi itu dokter baru akan (……) pukul 08.00. Hampir satu jam saya menunggu giliran periksa. Dengan sabar, saya tetap menunggu karena sudah (……) mendaftar periksa di rumah sakit itu.

Kata baku tepat untuk mengisi paragraf rumpang tersebut adalah……..
A.    antre, praktek, terlanjur
B.    antri, praktik, terlanjur
C.   antre, praktik, terlanjur
D.   antri, praktek, telanjur
E.    antri, praktek, terlanjur

38.   Cermati paragraf berikut !
Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung vitamin yang (…) untuk tubuh. Buah-buahan dan sayur-sayuran dapat memperlancar proses pencernaan. Akan tetapi, banyak anak tidak menyukai buah dan sayuran. Mereka (…) makanan siap saji daripada makanan buah dan sayur. Padahal, makanan siap saji (…) bagi tubuh mereka.

Frasa tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah……
A.    amat baik, lebih lezat, lebih bahaya
B.    sangat baik, lebih nikmat, paling berbahaya
C.   sangat baik, lebih menyukai, sangat berbahaya
D.   paling bagus, sangat nikmat, lebih berbahaya
E.    baik sekali, sangat nikmat, lebih berbahaya

39.   Cermati paragraf berikut!
Bisnis di dunia property mempunyai prospek yang (…) untuk memperoleh keuntungan besar. Permasalahannya, tidak semua orang merasa mempunyai modal cukup untuk terjun (…). Padahal, bagi seorang (…) sejati modal tidak harus selalu berupa uang.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragaraf tersebut adalah…
A.    menjanjikan, menggelutinya, pengusaha
B.    menjanjikan, digeluti, usahawan
C.   dijanjikan, digeluti, usahawan
D.   dijanjikan, menggeluti, pengusaha
E.    menjanjikan, digelutinya, pengusaha

40.    Cermati paragraf berikut!
        Pada pelajaran Bahasa Indonesia kami diminta pergi ke perpustakaan. Guru memberi tugas untuk membuat ringkasan buku. Setiap siswa bebas memilih buku yang akan diringkas. Sebelum meringkas buku, setiap siswa harus membaca buku tersebut. Saya membaca buku sejarah musik baru.             

Perbaikan kesalahan penggunaan kalimat ambigu pada kalimat  tercetak miring adalah……
A.    Saya membaca tentang buku sejarah musik baru
B.    Saya membaca buku sejarah musik tentang baru
C.   Saya membaca buku sejarah tentang musik baru
D.   Saya tentang membaca buku sejarah musik baru
E.    Saya membaca tentang buku sejarah tentang musik baru                    

41. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
            Jika ingin melakukan arum jeram di sungai ini, kita wajib mengenakan pakaian [...] keamanan, seperti helm dan pelampung. Sebelum kita mengarungi sungai, pemandu akan memberikan pengarahan cara rafting dan simulasi di Situ Cileunca. Sungai ini memang memiliki arus cukup deras. Namun, Anda tidak perlu [...], banyak tim penyelamat bersiaga di sepanjang sungai .

Kata baku tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.    standart, khawatir
B.    standar, khawatir
C.   standart, kuatir
D.   standar, kawatir
E.    standar, khuwatir


42. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Suhu udara di daerah pantai terasa [. . .]. Suhu rata – rata di daerah pantai pada siang hari bisa lebih dari 27o C. Kondisi suhu yang panas ini mengakibatkan penduduk daerah pantai berwarna kulit [. . ..] Mereka sering tersengat sinar matahari. Mereka biasanya mengenakan pakaian tipis karena suhu yang panas ini. Selain itu, suara penduduk di daerah pantai ketika berbicara [...] karena mereka harus beradu dengan suara gemuruh ombak.

Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.    sedikit panas, sangat gelap, kurang keras
B.    kurang panas, agak gelap, kurang keras
C.   sangat panas, kurang gelap, agak keras
D.   sangat panas, agak gelap, agak keras
E.    lebih panas, kurang gelap, sangat keras

43. Perhatikan paragraf rumpang berikut !
Tekstil tradisional Indonesia [...] dengan kreativitas setempat baik pengaruh dari suku maupun bangsa lain. Secara geografis, posisi Indonesia terletak pada persimpangan kebudayaan besar, antara dua benua Asia dan Australia, serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Gelombang kontak perdagangan melewati wilayah negara kepulauan Indonesia [...] pengaruh dan [...] akulturasi atau percampuran budaya yang tampak pada pengembangan karya kerajinan tekstil di Indonesia.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.    berkembang, memberikan, mengakibatkan
B.    terkembang, diberikan, diakibatkan
C.   berkembang, diberikan, mengakibatkan
D.   terkembang, memberikan, diakibatkan
E.    mengembang, memberikan, diakibatkan

44. Perhatikan paragraf berikut !
                 Jumlah anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada tahun 2015 mengalami peningkatan sekira 2 juta jiwa di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Hingga saat ini, kepersertaan BPJS Kesehatan mencapai 21,7 juta jiwa. Menurut Mulyo menerangkan bahwa hingga saat ini baru  sekira 65 persen penduduk Jawa Timur  yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. Kepersertaan BPJS Kesehatan yang mandiri mencapai sekira 1,6 juta jiwa, peserta dari penerima bantuan iuran (PBI) sekira 14 juta jiwa, dan peserta yang di tanggung pemeintah yakni sebanyak 570 ribu jiwa.

Perbaikan kalimat tercetak miring tersebut adalah . . . .
A.    Menurut Mulyo menerangkan hingga saat ini baru sekira 65 persen penduduk Jawa Timur yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.
B.    Menurut Mulyo bahwa hingga saat ini baru sekira 65 persen penduduk Jawa Timur yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.
C.   Menurut Mulyo, hingga saat ini baru sekira 65 persen penduduk Jawa Timur yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.
D.   Mulyo menerangkan menurutnya hingga saat ini baru sekira 65 persen penduduk Jawa Timur yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.
E.    Menurut Mulyo menerangkan bahwa hingga saat ini baru sekira 65 persen penduduk Jawa Timur yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.



45. Perhatikan judul–judul karangan ilmiah berikut!
1)    Pengaruh Internet Terhadap Royalitas Pengguna Smart Phone
2)    Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Konsep Matematika
3)    Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
4)    Pengaruh Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja
5)    Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan

Kesalahan penulisan judul karangan ilmiah terdapat pada judul nomor . . . .
A.    1) dan 2)
B.    1) dan 3)
C.   2) dan 3)
D.   3) dan 4)
E.    4) dan 5)

46.   Perhatikan penulisan nama gelar berikut!
1)    Haji Agus Salim.
2)    Prabu Pamungkas, S.S., Mhum.
3)    Sultan Hasanuddin.
4)    Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
5)    Prof. Dr. Drg. Regina Titi Christinawati, M.Sc.

Penulisan nama gelar yang tidak tepat terdapat pada nomor ...


A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)



47.   Cermati beberapa kalimat berikut!
1)    Karyawan boleh mengajak anak-istri dalam acara rekreasi besok.
2)    Perebutan kejuaraan bola basket itu diikuti peserta se-Kecamatan kebonarum.
3)    Kami transit di Bandara Soekarno-Hatta sebelum melanjutkan penerbangan ke Denpasar.
4)    Arum mendapat peringkat ke-II pada lomba berpidato dalam bahasa Inggris.
5)    Perusahaan itu terpaksa mem-PHK-kan sebagian besar karyawannya.

Penulisan tanda baca hubung tidak tepat terdapat pad kalimat nomor ....


A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)



48.   Cermati kalimat-kalimat berikut!
1)    Philip-Direktur Keuangan PT Bintang Timur adalah warga negara Singapura.
2)    Kemerdekaan bangsa itu-saya yakin akan tercapai-diperjuangkan oleh bangsa itu sendiri.
3)    Suaminya-yang sedang menempuh S3 di luar negeri-menerima penghargaan dari kampus tempat dia mengajar.
4)    Pengunjuk rasa-yang menuntut penurunan harga BBM-disemprot gas air mata oleh petugas keamanan.
5)    Anindya Kusuma Putri-Putri Indonesia 2015-menjadi sorotan di media sosial lantaran artikel trivia di salah satu majalah nasional.

Penulisan tanda pisah yang tidak tepat terdapat pada kalimat nomor ....
A.    1)
B.    2)
C.   3)
D.   4)
E.    5)

49.   Cermati paragraf berikut!
Dani suka menggambar sejak kecil. [...] tangannya sangat lincah bermain di atas kertas gambar. Kegiatan [...] anak itu menggambar menggunakan cat air. Meskipun masih kecil, [...] dapat dibanggakan.

Kata ulang untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.    jari-jari, hari-hari, karya-karya
B.    jari-jari, hari-hari, karya-karyanya
C.   jari-jemari, sehari-hari, karya-karyanya
D.   jemari-jemari, sehari-hari, karya-karya
E.    jari-jemari, hari-hari, karya-karyanya

50.   Cermati kalimat berikut!
Senjata ini merupakan sarana perta-
hanan yang canggih.

Perbaikan penggunaan tanda hubung dalam kalimat tersebut adalah ....
A.    Senjata ini merupakan sarana pertaha-
nan yang canggih.
B.    Senjata ini merupakan sarana per-
      tahanan yang canggih.
C.   Senjata ini merupakan sarana pe-
rtahanan yang canggih.
D.   Senjata ini merupakan sarana pert-
ahanan yang canggih.
E.    Senjata ini merupakan sarana pertahana-
n yang canggih.


Comments