Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik : …………………………….………….
Kelas :
………………………….…………….
Tanggal Pengamatan : ………………………………………..
Materi Pokok : ………………………………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Tidak nyontek
dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
|||||
2
|
Tidak melakukan
plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|||||
3
|
Mengemukakan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|||||
4
|
Melaporkan data
atau informasi apa adanya
|
|||||
5
|
Mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki
|
|||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila
memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
======================================
Pedoman
Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila siswa
menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Tidak = apabila siswa tidak
menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik :
………………………….
Kelas :
………………………….
Tanggal Pengamatan :
………………………….
Materi Pokok :
………………………….
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
1
|
Masuk kelas tepat
waktu
|
Ya
|
Tidak
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas
tepat waktu
|
|||
3
|
Memakai seragam
sesuai tata tertib
|
|||
4
|
Mengerjakan tugas
yang diberikan
|
|||
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|||
6
|
Mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
|||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
terdapat 7 – 8 jawaban YA
Baik :
apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila
terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
=========================================
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan tugas
individu dengan baik
|
|||||
2
|
Menerima resiko
dari tindakan yang dilakukan
|
|||||
3
|
Tidak menuduh
orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|||||
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|||||
5
|
Meminta maaf atas
kesalahan yang dilakukan
|
|||||
Jumlah skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila
memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
==================================
Pedoman Observasi Sikap Toleransi
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghormati
pendapat teman
|
|||||
2
|
Menghormati teman
yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|||||
3
|
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|||||
4
|
Menerima
kekurangan orang lain
|
|||||
5
|
Mememaafkan
kesalahan orang lain
|
|||||
Jumlah skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila
memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
========================================
Pedoman Observasi Sikap Gotong Royong
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Aktif dalam kerja
kelompok
|
|||||
2
|
Suka menolong
teman/orang lain
|
|||||
3
|
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|||||
4
|
Rela berkorban
untuk orang lain
|
|||||
Jumlah skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila
memperoleh skor 9 - 12
Cukup : apabila
memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 4
==================================
Pedoman Observasi Sikap Santun
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menghormati orang
yang lebih tua
|
|||||
2
|
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|||||
3
|
Menggunakan bahasa
santun saat menyampaikan pendapat
|
|||||
4
|
Menggunakan bahasa
santun saat mengkritik pendapat teman
|
|||||
5
|
Bersikap 3S
(salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|||||
Jumlah skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila
memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
=====================================
Pedoman Observasi Sikap Percaya Diri
Petunjuk :
Lembaran ini diisi
oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berani presentasi
di depan kelas
|
|||||
2
|
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|||||
3
|
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|||||
4
|
Mampu membuat
keputusan dengan cepat
|
|||||
5
|
Tidak mudah putus
asa/pantang menyerah
|
|||||
Jumlah skor
|
Petunjuk Penyekoran
:
Peserta didik
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila
memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila
memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE