NO
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
1.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan ide pokok teks tersebut.
|
Ide
pokok teks
|
2.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks
tersebut.
|
Pernyataan
yang sesuai dengan isi teks
|
3.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks
tersebut.
|
Makna
istilah
|
4.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan makna/maksud/interpretasi teks tersebut.
|
Makna/interpretasi
teks
|
5.
|
Disajikan
paragraf rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat
|
Melengkapi
paragraf dengan kalimat
|
6.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan simpulan teks tersebut
|
Simpulan
teks
|
7.
|
Disajikan
2 teks, peserta didik dapat menentukan perbandingan kedua teks tersebut.
|
Perbandingan
dua teks
|
8.
|
Disajikan
kerangka karangan berupa gagasan pokok dan gagasan penjelas, peserta didik
dapat menentukan gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan pokok.
|
Kerangka
karangan (gagasan pokok dan gagasan penjelas)
|
9.
|
Disajikan
kalimat-kalimat (5-7) teks sastra yang disusun secara acak, peserta didik dapat mengurutkan menjadi urutan
peristiwa yang logis secara kronologis.
|
Urutan
peristiwa dalam cerita
|
10.
|
Disajikan
teks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan konjungsi yang tepat.
|
Penggunaan
konjungsi
|
11.
|
Disajikan
kutipan teks negosiasi, peserta didik dapat menentukan isi teks tersebut.
|
Isi
teks negosiasi
|
12.
|
Disajikan
kalimat kompleks, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut.
|
Inti
kalimat
|
13.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan amanat kutipan cerpen
tersebut.
|
Amanat
cerpen
|
14.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan majas yang terdapat dalam
kutipan cerpen tersebut.
|
Majas
dalam cerpen
|
15.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan unsur intrinsik yang dominan
dalam kutipan cerpen tersebut.
|
Unsur
intrinsik cerpen
|
16.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan tahapan alur kutipan cerpen
tersebut.
|
Tahapan
alur cerpen
|
17.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh yang terdapat
dalam kutipan cerpen tersebut.
|
Watak
tokoh dalam cerpen
|
18.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan latar tempat kutipan cerpen
tersebut.
|
Latar
tempat dalam cerpen
|
19.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks
tersebut.
|
Makna
ungkapan
|
20.
|
Disajikan
kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan unsur ekstrinsik yang terdapat
dalam kutipan cerpen tersebut.
|
Unsur
ekstrinsik cerpen
|
21.
|
Disajiakan
kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan inti drama.
|
Inti
drama
|
22.
|
Disajikan
kutipan novel, peserta didik dapat menentukan nilai pendidikan yang terdapat
dalam kutipan novel tersebut.
|
Nilai
pendidikan dalam novel
|
23.
|
Disajikan
larik-larik pantun yang disusun secara acak, peserta didik dapat menyusun larik-larik tersebut menjadi
pantun yang sesuai dengan struktur
pantun.
|
Struktur
pantun
|
24.
|
Disajikan
pantun yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi sesuai dengan struktur
pantun
|
Melengkapi
pantun rumpang
|
25.
|
Disajikan
kutipan pantun, peserta didik dapat tema pantun tersebut.
|
Tema
pantun
|
26.
|
Disajikan
kutipan teks ulasan film/drama, peserta didik dapat menentukan isi teks
ulasan film/drama tersebut.
|
Isi
teks ulasan film/drama
|
27.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat simpleks/kompleks (kalimat
tunggal/kalimat majemuk) yang terdapat dalam teks tersebut.
|
Kalimat
simpleks/kompleks (kalimat tunggal/kalimat majemuk)
|
28.
|
Disajikan
sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat lain yang semakna
dengan kalimat tersebut.
|
Kalimat
bermakna sama (Variasi kalimat)
|
29.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kata tidak baku yang terdapat dalam teks
tersebut.
|
Kata
baku/tidak baku
|
30.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan
kata yang penulisannya tidak sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia.
|
Penulisan
kata sesuai Ejaan Bahasa Indonesia
|
31.
|
Disajikan
teks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan pronomina yang
tepat.
|
Melengkapi
teks dengan pronominal
|
32.
|
Disajikan
kalimat-kalimat, peserta didik dapat menyusun kalimat menjadi paragraf yang
padu/koheren.
|
Menyusun
kalimat menjadi paragraf yang padu
|
33.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut.
|
Ringkasan/abstraksi
teks
|
34.
|
Disajikan
teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata bentukan yang tepat.
|
Penggunaan
kata bentukan
|
35.
|
Disajikan
teks yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi teks tersebut dengan
istilah yang tepat.
|
Melengkapi
teks dengan istilah yang tepat (diksi)
|
36.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak efektif dalam teks
tersebut.
|
Kalimat
efektif/tidak efektif
|
37.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat, menentukan sinonim salah satu kata dalam teks
tersebut.
|
Sinonim kata
|
38.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan hubungan sebab
akibat.
|
Kalimat
yang menyatakan hubungan sebab akibat
|
39.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan tanggapan positif terhadap isi teks
tersebut.
|
Tanggapan
positif
|
40.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan tanggapan logis terhadap isi teks
tersebut.
|
Tanggapan
logis
|
41.
|
Disajikan
teks rumpang, peserta didik dapat melengkapi
teks tersebut dengan kalimat simpulan yang tepat.
|
Melengkapi
teks dengan kalimat simpulan
|
42.
|
Disajikan
petunjuk kerja yang disusun secara acak, peserta didik dapat mengurutkan
menjadi petunjuk kerja yang sistematis.
|
Petunjuk
kerja/prosedur
|
43.
|
Disajikan
teks, peserta didik menentukan penggunaan konjungsi yang salah dalam teks
tersebut.
|
Penggunaan
konjungsi yang salah dalam teks
|
44.
|
Disajikan
grafik, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi
grafik.
|
Isi
grafik
|
45.
|
Disajikan
tabel/matriks, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
isi matriks/tabel tersebut.
|
Isi
matriks/tabel
|
46.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat sumbang dalam teks tersebut.
|
Kalimat
sumbang dalam teks
|
47.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan penggunaan tanda baca yang salah dalam
teks tersebut.
|
Penggunaan
tanda baca yang salah dalam teks (alamat surat)
|
48.
|
Disajikan
teks (penulisan daftar pustaka), peserta didik dapat menentukan penggunaan
tanda baca yang tepat.
|
Penggunaan
tanda baca dalam penulisan daftar pustaka
|
49.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan kalimat berisi fakta dalam teks tersebut.
|
Fakta/opini
dalam teks
|
50.
|
Disajikan
teks, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam teks
tersebut.
|
Opini
penulis dalam teks
|
51.
|
Disajikan 2 buah teks sastra lama syair dan pantun
peserta didik dapat menentukan
perbandingan struktur teks tersebut
|
Syair dan prosa
|
52.
|
Disajikan penggalan teks novel/ cerpen peserta didik
dapat menentukan bukti watak dalam penggalan tersebut
|
Bukti watak dalam cerpen
|
53.
|
Disajikan penggalan teks nonsastra peserta didik dapat
menetukan bukti simpulan teks tersebut
|
Kalimat simpulan
|
54.
|
Disajikan teks
nonsastra yang terdiri atas 5 kalimat yang mengandung kalimat tidak efektif
peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat yang santun tersebut.
|
Kalimat efektif
|
55.
|
Disajikan teks prosedur yang rumpang peserta didik
dapat melengkapi teks tersebut
|
Melengkapi teks prosedur
|
56.
|
Disajikan teks ulasan film/drama yang menggunakan
pilihan kata salah peserta didik dapat memperbaiki kesalahan kata tersebut
|
Diksi
|
57.
|
Disajikan teks nonsastra yang menggunakan tanda baca
salah, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
tersebut
|
Kesalahan tanda baca
|
58.
|
Disajikan sebuah teks nonsastra yang menggunakan
konjungsi salah, peserta didik mampu memperbaiki penggunaan konjungsi tersebut
|
Memperbaiki kesalahan konjungsi dalam teks
|
59.
|
Disajikan sebuah teks nonsastra yang terdiri 5 kalimat
peserta didik dapat menunjukkan hubungan antarbagian yang menyatakan
perbandingan
|
Hubungan antarbagian dalam teks
|
60.
|
Disajikan kutipan novel peserta didik dapat menentukan
sudut pandang kutipan tersebut
|
Sudut pandang
|
61.
|
Disajikan teks negosiasi yang rumpang peserta didik
dapat melengkapi teks tersebut
|
Melengkapi teks negosiasi
|
62.
|
Disajikan teks nonsastra yang rumpang, peserta didik
dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang santun
|
Kalimat yang santun
|
63.
|
Disajikan teks nonsastra yang rumpang, peserta didik
dapat melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang persuasif
|
Kalimat persuasif
|
64.
|
Disajikan teks nonsastra peserta didik dapat menentukan
kalimat yang berbentuk opini.
|
Opini
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE