Contoh Tata Tertib Debat


Tata Tertib Debat
Bagi Peserta:
1.      Peserta debat menggunakan bahasa Indonesia yang jelas, lugas, dan santun.
2.      Peserta debat bersikap sopan dan tidak merendahkan peserta lainnya.
3.      Peserta debat mengacungkan tangan, dan meminta izin kepada moderator bila ingin berbicara.
4.      Peserta debat hanya dapat berbicara dengan waktu yang tersedia dan sudah diberikan izin oleh moderator.
5.      Peserta debat harus mengikuti debat dari awal hingga debat selesai.

Bagi Pendukung/penonton:
1.      Pendukung Capres diharapkan duduk tenang selama debat berlangsung.
2.      Pendukung Capres dilarang mengeluarkan suara, berupa hinaan atau sindiran Capres yang bukan pilihannya.
3.      Pendukung Capres hanya memberikan tepukan tangan jika moderator memberi izin selama proses debat. Pertama, setelah Capres memperkenalkan diri dan kedua ketika debat selesai.

Sistem Debat Calon Presiden OSIS Periode 2015-2016
SMK Kolese Tiara Bangsa

SESI I (PERKENALAN)
1.      Masing-masing Calon Presiden OSIS memperkenalkan dirinya. Waktunya 5 menit, dimulai dari sekarang.

SESI II (TANYA JAWAB)
1.      Masing-masing calon presiden OSIS mendemonstrasikan visi dan misinya, waktu tiap kandidat adalah 2 menit, dimulai dari sekarang.
2.      Capres OSIS nomor 1 bertanya  atau memberikan sanggahan kepada Capres OSIS nomor 2. Waktunya 2 menit dimulai dari sekarang.
3.      Capres OSIS nomor 2 memberikan jawaban atau sanggahan kepada Capres OSIS nomor 1. Waktunya 3 menit dimulai dari sekarang.
4.      Capres OSIS nomor 2 bertanya atau memberikan sanggahan kepada Capres OSIS nomor 1. Waktunya 2 menit dimulai dari sekarang.
5.      Capres OSIS nomor 1 memberikan jawaban atau penolakan kepada Capres OSIS nomor 2. Waktunya 3 menit dimulai dari sekarang.
6.      (Saling bertanya jika masih perlu)


SESI III (ADU ARGUMEN)
1.      Salah satu Capres bertanya atau menyanggah argumen yang dikemukakan oleh Capres lainnya. Waktunya 3 menit, berlaku untuk yang bertanya dan menjawab).
2.      Saling adu argumen dan saling mengkritisi Capres lawan, total waktu diberikan 20-30 menit.

SESI IV (PENYIMPULAN)
1.      Masing-masing Capres OSIS menyimpulkan dan menguatkan argumennya. Dimulai dari Capres OSIS nomor 2, selanjutnya Capres OSIS nomor 1. Waktunya 3 menit, dimulai dari sekarang.

-          Acara selanjutnya adalah tanya jawab oleh dewan juri untuk calon presiden OSIS periode 2016-2017. Pertanyaan pertama diajukan oleh bapak (..............) . Pertanyaan kedua diajukan oleh (.............) (disilahkan). Pertanyaan terakhir diajukan oleh (...............) (disilahkan).
-          Penyimpulan

Demikianlah acara Debat Calon Presiden OSIS Periode 2015-2016. Berikan pilihanmu. Pilihlah karena hati dan prinsip, bukan ajakan teman, bukan karena kepopuleran, bukan karena paras yang rupawan, tetapi karena niat untuk suatu perubahan.

Semoga presiden OSIS yang terpilih nantinya, akan memberikan suatu atraksi, motivasi, dan inovasi untuk kemajuan SMK Kolese Tiara Bangsa yang maju dan berwawasan tinggi.


Sekian dari saya (...................) selaku moderator dalam acara debat Calon Presiden OSIS Periode 2015-2016. Mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat memilih, jadilah pemilih yang hebat, jadilah pemilih yang cermat, jadilah pemimpin bukan karena asas manfaat. saya akhiri, wassalammualaikum wr.wb dan selamat pagi.

Comments