Contoh Soal Memahami Prinsip Penyelenggaraan Adm. Perkantoran


1.        Kegiatan menghinpun dan menyatukan lembaran-lembaran kertas yang sejenis dalam suatu bentuk buku, sehingga memudahkan dalam penggunaan dan peyimpanannya disebut …
a. Menggandakan                                                 d. Menyatukan
b. Menghimpun                                                    e. Menjilid
c. Mencetak

2.        Fungsi pekerjaan kantor yang berhubungan langsung dengan kegiatan tata hubungan baik internal maupun eksternal adalah  …
a. fungsi pencatatan                                             d. Fungsi pencatatan
b. fungsi klasifikasi                                              e. Funsi penyimpanan
c. fungsi komunikasi

3.        Menurut … manajemen perkantoran dirumuskan sebagai perencanaan, pengawasan dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu …
a.  George R. Terry                                              d. Prof. Dr. Prajudi A
b. Drs. Moekijat                                                   e. Sondang P. Siagian
c. J.C. Denyer

4.        Kegiatan berikut ini merupakan ciri utama administrasi, yaitu …
a. bergotong royong, bekerja sama, dan bertujuan
b. bertolong-tolongan, berorganisasi, dan bekerja
c. bekerja sama, bertujuan, dan berkelompok
d. bekerja sama, bantu membantu, dan berkelompok
e. berserikat dua orang atau lebih, berproses kegiatan, dan bertujuan

5.        Proses penarikan sejumlah calon pegawai yang memiliki potensi untuk ditarik menjadi pegawai yang dilakukan dengan berbagai kegiatan tersebut disebut …
a. Promosi                                                            d. Rekrutmen
b. Mutasi                                                              e. Training
c. Seleksi

6.        Pekerjaan administrasi paling banyak di selenggarakan di...
a. Pantry                                                               d. Pabrik
b. desk front office                                              e. Ruang pertemuan
c. Kantor

7.        Organisasi terbagi menjadi beberapa macam. Jika sebuah kantor menerapkan system organisasi, dimana semua karyawan menerima instruksi langsung dari pimpinan kantor itu. Maka jenis organisasi yang diterapkan dikantor itu adalah…
a.    Organisasi garis/lini                                         d. Organisasi lurus
b.    Organisasi garis dan staf                                 e. Organisasi kepanitiaan
c.    Organisasi fungsional

8.    Nurzune adalah seorang pegawai TU disuatu sekolahan. Dia mengumpulkan semua data murid-murid yang bersekolah disekolahan tersebut. Jenis pekerjaan apa yang Nurzune lakukan…
a.    Menghimpun                                                 d. Mengirim
b.    Mencatat                                                 e. Menyimpan
c.    Menggandakan

9. Khoir adalah seorang sekertaris disuatu perusahaan handphone. Dia mendapatkan tugas dari pimpinannya untuk membuat surat kerja sama antara perusahaan handphone itu dengan perusahaan stasiun TV. Jenis pekerjaan kantor apa yang ditugaskan pimpinan Khoir kepada dirinya…
a.    Menghimpun                                                 d. Mengirim
b.    Mencatat                                                 e. Menyimpan
c.    Menggandakan

10. Bertelpon, korespondensi, chatting dan teleconference merupakan contoh dari jenis pekerjaan kantor…
a.    Melakukan komunikasi                    d. Mengirim
b.    Menghimpun                                     e. Menyimpan
c.    Mencatat

11. Media komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran atau informasi kepada pihak lain untuk mendapatkan tanggapan. Kalimat tersebut disebut dengan…
a.    Surat                                                  d. Laporan
b.    Memo                                                e. Brosur
c.    Formulir

12. Laporan adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data, atau berita baik secara lisan maupun tertulis. Apakah fungsi dari laporan…
a.    Sebagai alat komunikasi secara tertulis
b.    Sebagai bahan pertanggung jawaban
c.    Sebagai duta organisasi
d.    Dapat menjadi nilai historis
e.    Sebagai alat bukti tertulis yang sangat otentik

13.  Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana kantor sangat beragam, kegiatannya adalah penggandaan tujuan diadakannya kegiatan penggandaan adalah?
a.    Agar barang tidak cepat rusak
b.    Agar tidak terjadi kehilangan
c.    Untuk menujang pelaksanaan tugas kantor
d.    Agar memudahkan dalam pengawasan
e.    Untuk melaksanakan kegiatan kantor

14. Kegiatan penyimpanan adalah kegiatan menampung hasil pengadaan barang atau bahan kantor baik berasal dari pembelian ataupun diperoleh dari bantuan. Dalam kegiatan penyimpanan ini, orang yang bertugas melakukan kegiatan ini adalah?
a.    Petugas keamanan                                         d. Petugas gudang
b.    Petugas ruangan                                            e. Petugas penyimpanan
c.    Petugas pengadaan
    
15. Pemeliharaan adalah kegiatan terus menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai. Apa tujuan kantor melakukan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana?
a.    Agar barang tetap modern                            d. Agar barang terlihat indah
b.    Agar barang tidak mudah rusak                    e. Agar barang baik dan bagus
c.    Agar barang selalu bagus
    
16. Adanya kegiatan inventarisasi disuatu perusahaan milik pemerintah adalah untuk mencatat barang barang milik pemerintah. Apa manfaat dari dilakukannya kegiatan inventarisasi?
a.    Agar mudah mengetahui barang barang milik pemerintah.
b.    Agar praktis mengecek barang.
c.    Agar barang selalu dalam keadaan baik.
d.    Agar mudah dalam proses perawatan.
e.    Agar lebih mudah diawasi dan di cek.

17. Bila unit/bagian di suatu organisasi dapat diberi tugas oleh beberapa atasan bentuk organisasi yang tepat untuk dipilih adalah . . .
a. Lini                                           c. Staf                          e. Lini dan fungsional
b. Fungsional                                d. Lini dan staf

18. Bila dilihat dari jenisnya, pekerjaan administrasi paling banyak berhubungan dengan kegiatan...
a. Menghimpun                            c. Tulis-menulis                              e. Pemeriksaan
b. Menghitung                              d. Menangani telepon

19.  Berikut ini yang bukan merupakan hasil pekerjaan kantor adalah...
a. Surat                                         c. Pesan telepon                            e. Keuntungan
b. Formulir                                   d. Laporan

20.  Pengaturan ruangan kantor serta penyusunan alat-alat dan perabot kantor, sehingga memberikan kepuasan dan kenyamanan karyawan adalah pengertian dari...
       a. Interior kantor                          c. Dekorasi kantor                         e. Pengelolaan kantor
       b. Tata ruang kantor                     d. Penampilan kantor

21.  Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan milik perseorangan dan digaji penuh oleh perusahaan tersebut merupakan...
       a. Karyawan tetap                        c. Karyawan outsourcing              e. Pegawai pemerintah
       b. Karyawan freelance                 d. Pegawai negeri

22.  Urutan dalam proses seleksi karyawan adalah...
a.       Tes – lamaran – wawancara – pengambilan keputusan
b.      Lamaran – tes – wawancara - pengambilan keputusan
c.       Lamaran – wawancara – tes - pengambilan keputusan
d.      Lamaran - pengambilan keputusan – wawancara – tes
e.       Tes – wawancara - pengambilan keputusan – lamaran

23. Istilah administrasi perkantoran dalam kepustakaan luar negeri disebut . . .
       a. Office planning                        c. Office management                    e. Office work
       b. Office administrative               d. Office organizing

24.  Berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu . . .
       a. Anggaran (budgeting)              c. Pegawai perkantoran                  e. Pelayanan kantor
       b. Waktu perkantoran                  d. Pengorganisasian perkantoran

25.  Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah . . .
       a. Tata usaha                                c. Kepegawaian                    e. Pengawasan perkantoran
       b. Tata hubungan                         d. Analisis perkantoran

26. berikut ini merupakan salah satu prinsip organisasi, kecuali . . .
       a. Prinsip perumusan tujuan                                 d. Prinsip kekuasaan
       b. Prinsip pembagian kerja                                   e. Prinsip kesatuan perintah
       c. Prinsip koordinasi

27. Dalam menjalankan kegiatannya, organisasi dibagi menjadi beberapa unit yang diberi wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas dan akan dimintai pertanggungjawabannya, berarti organisasi tersebut menerapkan prinsip . . .
       a. Kesatuan perintah                                            d. Pendelegasian wewenang
       b. Koordinasi                                                       e. Rentang organisasi
       c. Pembagian tugas




28. Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah sebagai berikut, kecuali . . .
       a. Memberikan pelayanan untuk mencapai tujuan organisasi
       b. Menyediakan informasi bagi pimpinan
       c. Menyediakan keterangan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan
       d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
       e. Meningkatkan motivasi karyawan

29.  Salah satu contoh pekerjaan kantor adalah . . .
       a. Travelling                                 c. Driving                                e. Penunjang
       b. Mailing                                     d. Maling

30.  Berikut ini termasuk dalam kegiatan pekerjaan kantor yang dilaksanakan di sekolahan yaitu . . .
       a. Mengajar siswa                                     d. Mencatat pesanan
       b. Membuat soal-soal ulangan                              e. Memeriksa pasien
       c. Memberikan hukuman


31.  Pekerjaan calculating (menghitung) berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George R. Terry dalam persentase adalah sebesar . . .
       a. 6,5%             b. 8,8%                c. 10,2%                      d. 12,3%                      e. 19,5%

32.  Berikut ini yang bukan termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor adalah….
       a. Sistem pencahayaan                                         d. Sistem cuaca
       b. Sistem warna                                                    e. Sistem udara
       c. Sistem Sarana

33.  Penggunaan cahaya yang berasal dari sinar matahari, biasannya memanfaatkan dekorasi jendela, kaca, dinding dan cahaya langit yang berpadu adalah jenis pencahayaan…
       a. Task lighting                             c. Ambient lighting                      e. Nurani lighting
       b. Natural lighting                        d. Accent lighting

34. Lembaran kartu atau kertas yang mempunyai ukuran tertentu yang dicetak dan di dalamnya terdapat beberapa informasi yang sifatnya tetap dan beberapa informasi yang sifatnya tidak tetap disebut…
       a. Surat                                         c. Formulir                                    e. Warkat
       b. Laporan                                    d. Arsip

35.  Untuk memperoleh karyawan yang handal dan cakap, sebuah perusahaan melaksanakan tahapan-tahapan pengadaan personil sebagai berikut…
       a. Analisis jabatan, rekrutmen, dan seleksi
       b. Pendaftaran, test, pengumuman
       c. Analsis, wawancara, test
       d. Iklan lowongan kerja, pendaftaran
       e. Wawancara, test tertulis, surat panggilan

36. Suatu proses mencari dan mempengaruhitenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan yang ada dalam perusahaan disebut…
       a. Seleksi                                      c. Bursa kerja                          e. Rekrutmen
       b. Analisis jabatan                        d. Tenaga kerja

37.  Tenaga kerja/karyawan yang akan mengisi lowongan kerja diambil dari dalam perusahaan, yakni dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan yang memenuhi spesifikasi ke suatu bagian tertentu yang kosong atau untuk mengisi tugas baru, merupakan perekrutan karyawan dari sumber…
       a. Internal                                     c. Eksternal                             e. Outsourching
       b. Iklan                                         d. Surat kabar

38.  Pada sebuah perusahaan, seorang personil kantor harus memenuhi persyaratan yang meliputi beberapa hal berikut ini…
       a. Persyaratan pendidikan, kecantikan, dan berpakaian
       b. Persyaratan pengetahuan, keterampilan, kemandirian
       c. Persyaratan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian
       d. Persyaratan keterampilan dan kebolehan
e.  Persyaratan fisik dan intelektual

39. Dibawah ini merupakan manfaat dilaksanakannya pelatihan, kecuali…
       a. Dapat meningkatkan kinerja personil/ karyawan kantor
       b. Karyawan dapat berkembang dengan cepat
       c. Karyawan mampu melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
       d. Mampu meningkatkan etos kerja karyawan
       e. Menimbulkan kecemburuan sosial antarkaryawan
40. Pemberian warna biru pada dinding kantor memiliki tujuan agar…
       a. Membangkitkan energi                                     d. Memberikan efek energi
       b. Mendatangkan energi                                      e. Memberikan kesan romantis

       c. Memberikan perasaan tenang, tentram, dan sejuk

Comments