Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi
|
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi
·
Cara memahami teks negosiasi dengan segala karakrteristiknya
dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks
negosiasi.
·
Cara memahami, menerapkan dan menganalisis teks negosiasi
dengan segala karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
Teks
negosiasi
·
Cara mengolah, menalar, dan menyajikan teks negosiasi dengan
segala karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis baik
lisan maupun tulisan
|
Menanamkan sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut terhadap semua manusia baik secara lisan maupun tulisan melalui teks
negosiasi.
Menanamkan sikap ,kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks negosiasi.
Menanamkan sikap dan kebiasaan berkomunikasi dengan santun
dan runtut dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks negosiasi
|
Teknik : Nontes
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan
|
Penanaman
sikap perilaku jujur, disiplin , peduli dan santun menggunakan bahasa
Indonesia dalam bernegosiasi merundingkan masalah
perburuhan, perdagangan dan kewirausahaan.
|
Menanamkan dan menerapkan kebiasaan berperilaku jujur,
disiplin , peduli dan santun menggunakan bahasa Indonesia dalam bernegosiasi
baik secara lisan maupun tulisan
|
Teknik Penilaian:
Non tes (pengamatan)
Bentuk Instrumen:
Lembar pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
Pengeta-huan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, , laporan
hasil observasi, prosedur kompleks negosiasi, dan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi, dan teks eksposisi
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Contoh
teks negosiasi
· Pengenalan struktur isi teks negosiasi
· Pengenalan kaidah (ciri
bahasa) teks
negosiasi
· Pemahaman isi teks negosiasi
·
Contoh
lembar kegiatan membandingkan dua teks negosiasi
·
perbedaan
dan persamaan dua teks negosiasi
·
contoh lembar kegiatan analisis isi teks
negosiasi
·
Analisis isi teks negosiasi
(kesesuaian dengan struktur isi, kaidah penulisan/ ciri bahasa)
·
Analisis bahasa teks negosiasi
(penggunaan pilihan kata, konjungsi, ejaan ,struktur kalimat, dan tanda baca)
·
Contoh
lembar kegiatan identifikasi teks negosiasi
·
Karakteristik
teks negosiasi
·
Contoh lembar kegiatan evaluasi teks
negosiasi
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks
negosiasi
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teksnegosiasi,menanya
(berfikir divergen), menalar, mencoba, mengkomunikasikan temuan mengenai
struktur dan kaidah teks negosiasi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati menanya (berfikir
divergen), menalar, mencoba dan mengkomunikasikan temuan mengenai perbedaan
dan persamaan dari dua teks negosiasi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks negosiasi, menanya
(berfikir divergen), menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan hasil analisis
terhadap isi teks negosiasi yang meliputi aspek kesesuain dengan struktur
isi, kaidah penulisan/ciri bahasa ,penggunaan pilihan kata, konjungsi,
struktur kalimat, ejaan dan tanda baca.
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks negosiasi yang diamati
dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengevaluasi (menemukan kekurangan dan kelebihan) struktur isi dan bahasa teks negosiasi
dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Soal uraian
·
Pilihan
ganda
·
Portofolio
|
Keteram-pilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di
sekolah secara mandiri.
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, negoasiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, , prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur komplek,
negosiasi dan teks eksposisi, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi kedalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam
teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks
negosiasi
·
Contoh teks negosiasi
·
Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan
struktur isi dan kaidah penulisannya (ciri bahasanya)
·
Contoh lembar kegiatan menyunting teks negosiasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan ,
dan tanda baca
·
Contoh lembar kegiatanmengabstraksi teks negosiasi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks negosiasi
·
Contoh lembar kegiatan mengonversi teks negosiasi
·
Langkah-langkah konversi teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah-langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama
pendek
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks negosiasi memahami isi atau makna teksnegosiasi,
menemukan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks negosiasi dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Membuat teks negosiasi sesuai dengan langkah-langkah
penulisan teks negosiasi sesuai struktur isi dan kaidah penulisan (ciri bahasa) dengan menerapkan pendekatan siantifik
·
Melaksanakan latihan dan tugas
·
Menyunting
teks negosiasi berdasarkan struktur isi , kaidah penulisan/ciri
bahasa,struktur kalimat, ejaan serta tanda baca dengan menerapkan pendekatan
saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
garis besar isi teks negosiasi yang diamati dengan berpedoman pada
langkah-langkah pembuatan abstraksi teks negosiasi dengan menerapkan
pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
ulang teks negosiasi yang diamati dalam bentuk uraian monolog dan teks drama
pendek dengan tetap memperhatikan struktur teks laporan negosiasi dan
kaidah-kaidah penulisannya dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tulis dan lisan
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE