Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi
|
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi
·
Cara memahami teks laporan hasil observasi dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks
laporan hasil observasi.
·
Cara
memahami, menerapkan dan menganalisis teks laporan hasil observasi dengan
segala karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis dan
sistematis.
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
Teks
laporan hasil observasi
·
Cara mengolah, menalar, dan menyajikan teks laporan hasil
observasi dengan segala karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi
yang logis baik lisan maupun tulisan
|
Menanamkan sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut terhadap semua manusia baik secara lisan maupun tulisan melalui teks
laporan hasil observasi
Menanamkan sikap ,kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi secara lisan
maupun tulisan melalui tekslaporan hasil observasi
Menanamkan sikap dan kebiasaan berkomunikasi dengan santun
dan runtut dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks laporan hasil observasi
|
Teknik : Nontes
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
|
Penanaman
sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia pada
kegiatan menceritakan atau melaporkan hasil observasi
|
Menanamkan dan menerapkan kebiasaan berperilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa Indonesia dalam
melaporkan hasil observasi
|
Teknik Penilaian:
Non tes (pengamatan)
Bentuk Instrumen:
Lembar pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
Pengeta-huan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan
kejadian.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks negosiasi, dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi, dan teks eksposisi
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Contoh
teks laporan hasil observasi
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil
observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
·
Contoh
lembar kegiatan membandingkan dua teks laporan hasil observasi
·
perbedaan dan
persamaan dua teks laporan hasil observasi
·
contoh lembar kegiatan analisis isi
laporan hasil observasi
·
Analisis isi teks laporan hasil
observasi (kesesuaian dengan objek yang diobservasi, sistematika
penulisan/struktur,keruntutan)
·
Analisis bahasa teks laporan hasil
observasi (penggunaan pilihan kata, konjungsi, ejaan ,struktur kalimat, dan
tanda baca)
·
Contoh
lembar kegiatan identifikasi teks laporan hasil observasi
·
Karakteristik
teks laporan hasil observasi
·
Contoh lembar kegiatan evaluasi teks
laporan hasil observasi
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa laporan
hasil observasi
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks laporan hasil
observasi, menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, mengkomunikasikan temuan
mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati menanya (berfikir
divergen), menalar, mencoba dan mengkomunikasikan temuan mengenai perbedaan
dan persamaan dari dua teks laporan hasil observasi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks laporan hasil
observasi menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, dan
mengkomunikasikan hasil analisis terhadap isi teks laporan observasi yang
meliputi aspek keruntutan penulisan,kesesuaian dengan struktur, kesesuaian
isi teks dengan objek yang diamati, penggunaan pilihan kata, konjungsi,
struktur kalimat, ejaan dan tanda baca.
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks laporan hasil observasi yang diamati dengan menerapkan
pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan kegiatan
mengevaluasi (menemukan kekurangan dan kelebihan) struktur isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi dengan menerapkan pendekatan
saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Soal uraian
·
Pilihan
ganda
·
Portofolio
|
Keteram-pilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di
sekolah secara mandiri.
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, negoasiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, , prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur komplek,
negosiasi dan teks eksposisi, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi kedalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam
teks laporan hasil observasi
·
Pemahaman isi teks laporan hasil
observasi
·
Contoh teks laporan hasil laporan hasil observasi
·
Contoh ragam objek yang dapat diobservasi
·
Langkah-langkah penulisan teks laporan
hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat, penegasan
ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
·
Contoh lembar kegiatan menyunting teks laporan hasil
observasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan
hasil observasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan ,
dan tanda baca
·
Contoh lembar kegiatan mengabstraksi teks laporan hasil
observasi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi laporan hasil observasi
·
Contoh lembar kegiatan mengonversi teks laporan hasil
observasi
·
Langkah-langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi
teks monolog
·
Langkah-langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi
teks drama pendek
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks laporan hasil observasi,memahami isi atau makna teks
laporan hasil obervasi serta menemukan makna kata, istilah dan ungkapan dalam
teks laporan hasil observasi dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Membuat teks
laporan hasil observasisesuai dengan langkah-langkah penulisan teks laporan
hasil observasi (mengamati, menemukan topik dan objek observasi ,melakukan
kegiatan observasi, melaporkan hasil observasi dalam bentuk laporan sesuai
dengan struktur isi dan ciri bahasa teks laporan hasil observasi) dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menyunting
teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur isi teks dan struktur
kalimat, ejaan serta tanda baca dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
garis besar isi teks laporan hasil observasi yang diamati dengan berpedoman
pada langkah-langkah pembuatan abstraksi teks laporan hasil observasi dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
ulang teks laporan hasil observasi yang diamati dalam bentuk uraian monolog
dan teks drama pendek dengan tetap memperhatikan struktur teks laporan hasil
observasi dengan menerapkan pendekatan saintifika
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tulis dan lisan
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE