Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi
|
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi
·
Cara memahami teks prosedur kompleks dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks
prosedur kompleks.
·
Cara memahami, menerapkan dan menganalisis teks prosedur
kompleks dengan segala karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi
yang logis dan sistematis.
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
Teks
prosedur kompleks
·
Cara
mengolah, menalar, dan menyajikan teks negosiasi dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis baik lisan
maupun tulisan
|
Menanamkan sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut terhadap semua manusia baik secara lisan maupun tulisan melalui teks
prosedur kompleks
Menanamkan sikap ,kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks prosedur kompleks.
Menanamkan sikap dan kebiasaan berkomunikasi dengan santun
dan runtut dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks prosedur kompleks
|
Teknik : Nontes
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.3 Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
Penanaman
sikap perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah
yang telah ditentukan melalui teks prosedur kompleks
|
Menanamkan dan menerapkan kebiasaan berperilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia melalui teks
prosedur kompleks
|
Teknik Penilaian:
Non tes (pengamatan)
Bentuk Instrumen:
Lembar pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
Pengeta-huan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan
kejadian.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks negosiasi, dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi, dan teks eksposisi
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Contoh
teks prosedur kompleks
· Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
· Pengenalan ciri
bahasa teks
prosedur kompleks
· Pemahaman isi teks prosedur kompleks
·
Contoh
lembar kegiatan membandingkan dua teks prosedur kompleks
·
perbedaan
dan persamaan dua teks prosedu kompleks
·
contoh lembar kegiatan analisis isi teks
prosedur kompleks
·
Analisis isi teks prosedur
kompleks (kesesuaian dengan struktur isi, tahapan penulisan (runtut) dan
kaidah penulisan/ ciri bahasa)
·
Analisis bahasa teks teks prosedur
kompleks (penggunaan pilihan kata, konjungsi, ejaan ,struktur kalimat, dan
tanda baca)
·
Contoh
lembar kegiatan identifikasi teks prosedur kompleks
·
Karakteristik
teks prosedur kompleks
·
Contoh lembar kegiatan evaluasi teks
prosedur kompleks
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks
prosedur kompleks
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks prosedur kompleks
,menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, mengkomunikasikan temuan
mengenai struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati menanya (berfikir
divergen), menalar, mencoba dan mengkomunikasikan temuan mengenai perbedaan
dan persamaan dari dua teks prosedur kompleks
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks prosedur
kompleks,menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan
hasil analisis terhadap isi teks prosedur kompleks yang meliputi aspek
kesesuain dengan struktur isi, tahapan penulisan (runtut) dan kaidah
penulisan/ciri penggunaan pilihan kata, konjungsi, struktur kalimat, ejaan
dan tanda baca.
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks prosedur kompleksyang diamati dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengevaluasi (menemukan kekurangan dan kelebihan) struktur isi dan bahasa teks prosedur
kompleks dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Soal uraian
·
Pilihan
ganda
·
Portofolio
|
Keteram-pilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di
sekolah secara mandiri.
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, negoasiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, , prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur komplek,
negosiasi dan teks eksposisi, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi kedalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam
teks prosedur kompleks
·
Pemahaman isi teks
prosedur kompleks
·
Contoh teks prosedural kompleks
·
Contoh ragam topik atau objek yang dapat dipilih untuk
memproduksi teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah penulisan teks prosedur
kompleks sesuai dengan struktur isi dan kaidah
penulisannya (ciri bahasanya)
·
Contoh lembar kegiatan menyunting teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur
kompleks
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan ,
dan tanda baca
·
Contoh lembar kegiatan mengabstraksi teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks prosedur kompleks
·
Contoh lembar kegiatan mengonversi teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks
monolog
·
Langkah-langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks
drama pendek
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks prosedur
kompleks ,memahami isi atau makna teks prosedur kompleks, menemukan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks prosedur kompleks dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Membuat teks prosedur kompleks sesuai dengan langkah-langkah
penulisan teks prosedur kompleks
sesuai struktur sisi dan kaidah
penulisan (ciri
bahasa) dengan menerapkan pendekatan siantifik
·
Melaksanakan latihan dan tugas
·
Menyunting
teks prosedur kompleks berdasarkan struktur isi teks , kaidah
penulisan,struktur kalimat, keruntutan tahapan, ejaan serta tanda baca dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
garis besar isi teks prosedur kompleks yang diamati dengan berpedoman pada
langkah-langkah pembuatan abstraksi teks prosedur kompleks dengan menerapkan
pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
ulang teks prosedur kompleks yang diamati dalam bentuk uraian monolog dan
teks drama pendek dengan tetap memperhatikan struktur teks prosedur kompleks
dan kaidah-kaidah penulisannya dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tulis dan lisan
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE