Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: X
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Topik : Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan
Politik
Aspek
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup Materi
|
Aktivitas
yang Dilakukan agar SiswaMemperoleh
Kompetensi
|
Penilaian
Autentik
(Teknik
Penilaian dan Bentuk Instrumen)
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi
|
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi
·
Cara memahami teks eksposisi dengan segala karakrteristiknya
dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan,dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks
ekpsosisi
·
Cara
memahami, menerapkan dan menganalisis teks eksposisi dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis dan sistematis.
·
Penanaman sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta
dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui
Teks
eksposisi
·
Cara
mengolah, menalar, dan menyajikan teks eksposisi dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis baik lisan
maupun tulisan
|
Menanamkan sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut terhadap semua manusia baik secara lisan maupun tulisan melalui teks
eksposisi
Menanamkan sikap ,kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks eksposisi
Menanamkan sikap dan kebiasaan berkomunikasi dengan santun
dan runtut dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks eksposisi
|
Teknik : Nontes
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.5 Menunjukkan perilaku
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik dalam
bentuk teks eksposisi
|
Penanaman
sikap perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab, dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan
kebijakan publik dalam bentuk teks eksposisi
|
Menanamkan dan menerapkan kebiasaan berperilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif menggunakan bahasa Indonesia dalam
memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik dalam
bentuk teks eksposisi
|
Teknik Penilaian:
Non tes (pengamatan)
Bentuk Instrumen:
Lembar pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
||
Pengeta-huan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks negosiasi, dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot ,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi, dan teks eksposisi
baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks , negosiasi dan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Contoh
teks eksposisi
· Pengenalan struktur isi teks eksposisi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Contoh lembar kegiatan membandingkan dua teks eksposisi
·
perbedaan
dan persamaan dua teks eksposisi
·
contoh lembar kegiatan analisis isi teks
eksposisi
·
Analisis isi teks eksposisi (kesesuaian
dengan struktur isi, ,topik dan kaidah penulisan/ ciri bahasa)
·
Analisis bahasa teks teks eksposisi
(penggunaan pilihan kata, konjungsi, ejaan ,struktur kalimat, dan tanda baca)
·
Contoh
lembar kegiatan identifikasi teks eksposisi
·
Karakteristik
teks eksposisi
·
Contoh lembar kegiatan evaluasi teks
eksposisi
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks
eksposisi
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks eksposisi ,menanya
(berfikir divergen), menalar, mencoba, mengkomunikasikan temuan mengenai
struktur dan kaidah teks eksposisi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati menanya (berfikir
divergen), menalar, mencoba dan mengkomunikasikan temuan mengenai perbedaan
dan persamaan dari dua teks eksposisi
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks ekspoisi ,menanya
(berfikir divergen), menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan hasil analisis
terhadap isi teks eksposisi yang meliputi aspek kesesuaian dengan struktur
isi, topik dan kaidah penulisan/ciri
bahasa ,penggunaan pilihan kata, konjungsi, struktur kalimat, ejaan
dan tanda baca.
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks eksposisi yang diamati
dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengevaluasi (menemukan kekurangan dan kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksposisi
dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Soal uraian
·
Pilihan
ganda
·
Portofolio
|
Keteram-pilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di
sekolah secara mandiri.
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, negoasiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, , prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur komplek,
negosiasi dan teks eksposisi, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi kedalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam
teks eksposisi
·
Pemahaman isi teks
eksposisi
·
Contoh teks eksposisi
·
Contoh ragam topik yang
dapat dipilih untuk menulis atau memproduksi teks eksposisi
·
Langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi dan ciri
bahasa )
·
Contoh lembar kegiatan menyunting teks eksposisi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan ,
dan tanda baca
·
Contoh lembar kegiatan mengabstraksi teks eksposisi
·
Langkah-langkah
membuat abstraksi teks eksposisi
·
Contoh lembar kegiatan mengonversi teks eksposisi
·
Langkah-langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah-langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama
pendek
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks eksposisi, memahami isi atau makna teks eksposisi,
menemukan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks eksposisi dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Membuat teks eksposisi sesuai dengan langkah-langkah
penulisan teks eksposisi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri
bahasa dengan menerapkan pendekatan
siantifik
·
Melaksanakan latihan dan tugas
·
Menyunting
teks eksposisi berdasarkan struktur isi teks dan struktur kalimat, ejaan
serta tanda baca dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
garis besar isi teks eksposisi yang diamati dengan berpedoman pada
langkah-langkah pembuatan abstraksi teks eksposisi engan menerapkan
pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
ulang teks eksposisi yang diamati dalam bentuk uraian monolog dan teks drama
pendek dengan tetap memperhatikan struktur teks laporan hasil observasi
dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tulis dan lisan
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE