SILABUS
BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
Pelajaran 1 : Menyusun Laporan Hasil Observasi
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi teks
laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
Isi
pokok laporan hasil observasi:
*
pernyataan
umum;
*
hal
yang dilaporkan;
*
deskripsi
bagian;
*
deskripsi
manfaat; dan
*
maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
3.1.1
Mengidentifikasi isi teks laporan hasil
observasi
3.1.2
Menjelaskan
ringkasan isi pokok teks laporan hasil observasi
3.1.3
Menyimpulkan fungsi laporan hasil observasi
3.1.4
Menganalisis isi Teks Laporan Hasil
Observasi
3.1.5
Menganalisis struktur teks laporan hasil
observasi
3.1.6
Melengkapi isi teks laporan hasil observasi
3.1.7
Mengidentifikasi kesalahan isi teks laporan
hasil observasi
|
*
Menentukan
isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi.
*
Menafsirkan
teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi.
*
Mempresentasikan
dan menanggapi teks laporan hasil observasi
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.1
Menginterpretasi isi
teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
4.1.1
Membuat isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara
lisan maupun tulis.
|
|||||
3.2
Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
|
Isi
pokok teks laporan hasil observasi:
*
pernyataan
umum;
*
deskripsi
bagian;
*
deskripsi
manfaat; dan
*
kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
|
3.2.1
Menganalisis Kebahasaan
Teks Laporan Hasil Observasi
3.2.2
Menganalisis kesalahan
berbahasa dalm teks laporan hasil observasi.
3.2.3
Menjelaskan Teks laporan
hasil observasi
3.2.4
Menganalisis gagasan
pokok dan gagasan penjelas
3.2.5
Mengidentifikasi teks
laporan hasil observasi dengan
memperhatikan isi dan kebahasaan
|
*
Mengidentifikasi
isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
*
isi,
ciri kebahasaandalam teks laporan hasil observasi.
*
Menyusun
kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi,
struktur, danciri kebahasaan.
*
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.2
Mengonstruksi teks
laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
4.2.1
Melengkapi gagasan pokok
dan gagasan penjelas
4.2.2
Menyusun teks laporan hasil
observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan
|
|||||
Pelajaran 2 : Mengembangkan
Pendapat dalam Eksposisi
|
||||||
3.3
Menganalisis struktur,
isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
*
pernyataan
tesis;
*
argumen;
*
pernyataan
ulang; dan
*
kebahasaan.
Komentar
terhadap:
*
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
3.3.1 Mengidentifikasi tesis,
argumen, dan rekomendasi dalam
teks eksposisi
3.3.2 Membedakan fakta dan
opini dalam teks eksposisi.
3.3.3 Melengkapi tesis dengan
argumenn.
|
*
Menggalistruktur,
isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan
dalam teks eksposisi yang didengar danatau dibaca.
*
Menyusun
teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
*
Mempresentasikan,me-ngomentari,
dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.3
Mengembangkan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara
lisan dan / tulis.
|
4.3.1 Menyusun isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan /
tulis.
4.3.2 Menyusun ulang gagasan
kedalam teks eksposisi
|
|||||
3.4
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
Struktur
teks eksposisi:
*
pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
*
argumen
(data, fakta, dan pendapat
untuk menguatkan tesis); dan
*
pernyataan
ulang.*
Kebahasaan:
*
kalimat
nominal dan
*
kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola
penalaran:
*
deduksi
dan
*
induksi
|
3.4.1 Mengungkapkan struktur
teks eksposisi
3.4.2 Membandingkan kebahasaan
dua teks eksposisi.
3.4.3 Menentukan gagasan pokok
dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi.
|
*
Menggali
strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
*
Menyusun
kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
*
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks eksposisi
yang telah disusun.
*
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.4
Mengonstruksikan teks
eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1
Membuat teks eksposisi dengan memerhatikan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan
kebahasaan.
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
||||
Pelajaran 3 Menyampaikan Ide
Melalui Anekdot
|
||||||
3.5
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna
tersirat.
|
Isi
teks anekdot:
*
peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur
anekdot:
*
peritiwa/tokoh
yang perlu dikritisi, sindiran, humor,
dan penyebab kelucuan.
|
3.5.1 Mendata pokok-pook isi
anekdot
3.5.2 Mengidentifikasi penyebab
kelucuan anekdot
|
*
Menilai
isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
*
Menyusun
kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot
yang dibaca
*
Mempresentasikan,
mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
*
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah
teks anekdot.
|
4.5.1 Membandingkan anekdot
dengan humor.
4.5.2 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
|||||
3.6
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot.
|
*
Isi
anekdot
*
Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik.
*
Sindiran.
*
Unsur
humor.
*
Kata
dan Frasa idiomatis
|
3.6.1 Mengidentifikasi struktur
teks anekdot
3.6.2 Mengenal berbagai pola
penyajian anekdot
3.6.3 Menganalisis kebahasaan
teks anekdot
|
*
Mengidentifikasi
struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
*
Menyusun
kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan.
*
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
*
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan
kebahasaan.
|
4.6.1
Menyimpulkan makna tersurat dalam anekdot
4.6.2
Menceritakan kembali isi teks anekot dengan
pola penyajian yang berbeda
4.6.3
Menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang
banyak atau perilaku seorang tokoh publik
|
|||||
Pelajaran 4 Melestarikan Nilai Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat
|
||||||
3.7
Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis.
|
*
Karakeristik
hikayat.
*
Isi
hikayat.
*
Nilai-nilai
dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
3.7.1 Mengidentifikasi karakteristik hikayat
3.7.2 Mengidentifikasi
nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat.
3.7.3 Mengidentifikasi
nilai-nilai dalam hikayat yang
masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
3.7.4 Menjelaskan kesesuaian
nilai-nilai dalam hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi
lisan
|
*
Mendata
pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
*
Menyusunteks
eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
*
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
*
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
*
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
Portofolio
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan
dibaca.
|
4.7.1
Menyusun isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
|
|||||
3.8
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
*
Nilai-nilai
dalam cerpen dan hikayat.
*
Gaya
bahasa.
*
Kata
arkais (kuno).
|
3.8.1
Mengidentifikasi karakteristik bahasa dalam hikayat.
3.8.2
Membandingkan penggunaan bahasa dalam
cerpen dan hikayat.
|
*
Menjelaskan
persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
*
Menyusun
kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
*
Mempresesntasikan,
menanggapi, dan merevisiteks cerpen
yang disusun.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
Portofolio
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1
Membandingkan nilai dalam hikayat dengan
dalam cerpen.
4.8.2
Menceritakan kembali isi hikayat ke dalam
bentuk cerpen
|
|||||
3.9
Menyebutkan butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
*
Ikhtisar
|
*
Laporan
Hasil Membaca Buku
*
*
Melaporkan
isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
*
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiikhtisaryang
dilaporkan.
*
*
|
||||
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan
ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
||||||
Pelajaran 5 Membuat Kesepakatan Melalui Negosiasi
|
||||||
3.10
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
Isi
teks negosiasi:
*
permasalahan;
*
pengajuan;
*
penawaran;
*
persetujuan/
kesepakatan yang tercapai.
|
3.10.1 Merumuskan ciri teks negosiasi.
3.10.2 Menjelaskan cara
menyampaikan pengajuan penawaran.
3.10.3 Menjelaskan syarat
tercapainya persetujuan (kesepakatan)
3.10.4 Menganalisis faktor
penentu keberhasilan negosiasi.
3.10.5 Menggunakan alasan yang
tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan.
3.10.6 Menjelaskan pol-pola
penyajian teks negosiasi
|
*
Menilai
masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian
persetujuan dalam bernegosiasi.
*
Mengungkapkan
cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
*
Memberikan
tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan
kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan
kalimat).
*
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
*
|
4.10
Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau
tulis.
|
4.10.1 Membuat pengajuan,
penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
|||||
3.11
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
Struktur
teks negosiasi:
*
orientasi
dan
*
permasalahan(pengajuan,
penawaran, dan persetujuan).
Kebahasaan
*
pasangan
tuturan dalam teks negosisi dan
*
bahasa
yang santun.
|
3.11.1 Menentukan bagian-bagian
(struktur) teks negosiasi
3.11.2 Menyebutkan unsu-unsur
surat penawaran dan pemesanan barang
3.11.3 Mengidentifikasi pasangan
tuturan dalam teks negosisi
3.11.4 Mengidentifikasi kalimat
persusif dalam teks negosiasi.
|
*
Menentukanstruktur:
orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
*
Menentukan
cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
*
Menyusun
teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan aspek kebahasaan.
*
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisiteks
negosiasi yang telah disusun.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.11
Mengkonstruksikan teks
negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
4.11.1 Menyusun teks negosiasi
lisan dalam bentuk dialog.
4.11.2 Menyusun teks negosiasi
lisan dalam bentuk naratif.
|
|||||
Pelajaran 6 Berpendapat Melalui Debat
|
||||||
3.12
Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat.
|
Debat:
*
esensi
debat;
*
mosi
(permasalahan yang didebatkan);
*
argumen
untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
*
tanggapan
(mendukung dan menolak pendapat disertai argumen)
|
3.12.1 Merumuskan batasan debat
3.12.2 Mengidentifikasi
unsur-unsur debat.
3.12.3 Merumuskan tata cara debat
3.12.4 Merumuskan mosi
berdasarkan isu atau permasalahan yang
sedang berkembang
3.12.5 Menanalisis pendapat dan
argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral terhadap mosi.
|
*
Mengidentifikasipermasalahan,
sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari
simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta
didik.
*
Melaksanakan
debat.
*
Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12.1 Menyimpulkan hasil debat.
|
|||||
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak, dan simpulan).
|
Isi debat:
*
mosi/
topik permasalahan yang diperdebatkan;
*
pernyataan
sikap (mendukung atau menolak);
*
argumenasi
untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak pelaksana debat:
*
pihak
yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
*
tim
afirmatif (yang setuju dengan mosi);
*
tim
oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
*
pemimpin/
wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
*
Penonton/
juri.
|
3.13.1 Menganalisis pendapat tim
afirmasi, tim oposisi, dan tim netral
dalam debat.
3.13.2 Mengidentifikasi ragam
bahasa debat
|
*
Mengidentifikasi
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
*
Memberikan
tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
*
Melaksanakan
debat.
*
Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.13
Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat.
|
4.13.1 Menyusun mosi dari
permasalahan aktual
4.13.2 Menyusun pendapat untuk
mendukung atau menolak mosi
4.13.3 Melaksanakan debat sesuai
dengan peran yng ditetapkan
|
|||||
Pelajaran 7 Belajar Dari Biografi
|
||||||
3.14 Menilai
hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
*
Pola
penyajian cerita ulang (biografi).
*
Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
|
3.14.1 Mengidentifikasi ciri
teks biografi berdasarkan isinya.
3.14.2 Mengidentifikasi struktur
teks biografi.
3.14.3 Menemukan pola penyajian
karakter unggul dalam teks biografi
3.14.4 Mengidentifikasi kepribadian
unggul yang dapat diteladani dari
tokoh biografi.
3.14.5 Menjelaskan cara
meneladani
3.14.6 karakter unggul tokoh
dalam biografi dengan teks eksposisi.
|
*
Mengidentifikasiperistiwa
(antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
*
Menyampaikan
kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam
dalam teks biografi
*
Memberikan
komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok
lain.
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.14
Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
4.14.1 Menciptakan kembali
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
|||||
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
Unsur-unsur
biografi:
*
orientasi:
(identitas singkat tokoh);
*
rangkaian
peristiwa dan masalah yang dialami; dan
*
Reorientasi
:
Kebahasaan biografi:
*
pronominal;
*
pengacu
dan yang diacu; dan
*
konjungsi.
|
3.15.1 Mendata pokok-pokok
informasi dalam teks biografi
3.15.2 Menganalisis cara
penggambaran karakter unggul tokoh.
3.15.3 Mengidentifikasi kaidah
bahasa teks biografi
|
*
Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan
dalam teks biografi.
*
Menulis
teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain:
perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
*
Memberikan
tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.15
Menyusun
teks biografi tokoh
|
4.15.1 Menceritakan kembali isi
teks biografi dengan pola penyajian yang berbeda.
4.15.2 Menceritakan kembali
biografi yang dibaca dengn bahasa sendiri.
|
|||||
Pelajaran 8 Mendalami Puisi
|
||||||
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca.
|
Puisi:
(semua
jenis puisi)
*
isi;
*
tema;
*
makna;
*
amanat;
dan
*
suasana.
|
3.16.1 Menentukan suasana puisi
3.16.2 Menemukan tema puisi
3.16.3 Menentukan makna puisi
|
*
Mendata
suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
*
Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan
memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan
tekanan tempo)
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.16
Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16.1 Membacakan puisi dengan
memerhatikan vokal, ekspresi dan
intonasi
4.16.2 Memusikalisasikan puisi
dengan memerhatikan keselarasan isi
puisi, lagu, dan musik.
|
|||||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
Unsur-unsur pembangun puisi
·
diksi;
·
imaji;
·
kata
konkret;
·
gaya
bahasa;
·
rima/irama;
·
tipografi;
·
tema/makna
(sense);
·
rasa
(feeling);
·
nada
(tone);dan
·
amanat/tujuan/maksud
(itention).
|
3.17.1 Menganalisis diksi dalam
puisi
3.17.2 Menjelaskan imaji dalam
puisi
3.17.3 Mengidentifikasi kata
kongkret dalam puisi
3.17.4 Menjelaskan rima/
irama dalam puisi
|
*
Mendata
kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan
amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
*
Menulis
puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan
amanat/tujuan/maksud (itention).
*
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah
ditulis
|
8 JP ( 4 x 45 menit )
|
*
Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Wajib) kelas X
*
Kamus Besar Bahasa Indonesia
*
Pengalaman siswa dan guru
*
Media
|
*
Lisan
*
Tertulis
*
Penugasan
*
Portofolio
|
4.17
Menulis
puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
|
4.17.1 Menulis puisi untuk
mengungkapkan perasaan
4.17.2 Menulis puisi dengan
menggunakan ide dari berita yang didengar atau dibaca.
|
|||||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah
dibaca.
|
Resensi
buku.
|
*
Membuat
Resensi Buku yang Dibaca
*
Menganalisis
kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
*
Menyusun
resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
*
Mempresentasikan
dan menanggapiresensi yang ditulis
|
||||
4.18
Mereplikasi
isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
BC Adetya Rakasihwi - Sekian Informasi Bisa saya sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di Bukucatatan.xyz. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE