Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: X
Materi Pokok : Anekdot
Topik : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Aspek
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Lingkup Materi
|
Aktivitas
yang Dilakukan agar Siswa Memperoleh
Kompetensi
|
Penilaian
Autentik
(Teknik
Penilaian dan Bentuk Instrumen)
|
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, negosiasi dan teks
eksposisi
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi
|
·
Penanaman
sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta dapat menggunakannya
sebagai sarana komunikasi
·
Cara
memahami teks anekdot dengan segala karakrteristiknya dalam konteks melatih
komunikasi yang logis
·
Penanaman
sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta dapat menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot
·
Cara
memahami, menerapkan dan menganalisis teks anekdot dengan segala
karakrteristiknya dalam konteks melatih komunikasi yang logis
·
Penanaman
sikap menghargai dan mengagumi ciptaan Tuhan serta dapat menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi
lisan dan tulis melalui teks anekdot
·
Cara mengolah,
menalar, dan menyajikan teks anekdot dengan segala karakrteristiknya dalam
konteks melatih komunikasi yang logis baik lisan maupun tulisan
|
Menanamkan
sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan runtut terhadap semua
manusia baik secara lisan maupun tulisan melalui teks anekdot
Menanamkan sikap, kebiasaan berkomunikasi dengan santun dan
runtut dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks anekdot
Menanamkan sikap dan kebiasaan berkomunikasi dengan santun
dan runtut dalam mengolah, menalar dan menyajikan informasi secara lisan
maupun tulisan melalui teks anekdot
|
Teknik
: Nontes
Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
|
·
Penanaman
sikap memiliki rasa tanggung jawab, peduli, responsif dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia
|
Menerapkan
kebiasaan tanggung jawab, peduli, responsif dan santun menggunakan bahasa
Indonesia dalam membuat anekdot
|
Teknik
Penilaian:
Non tes (pengamatan)
Bentuk Instrumen:
Lembar pengamatan
Penilaian Sikap : (Pengamatan)
|
||
Pengeta-huan
|
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan
kejadian.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks
eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks anekdot, , laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, negosiasi dan teks
eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, , laporan hasil observasi,
prosedur kompleks negosiasi, dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
3.4
Mengidentifikasi teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur kompleks ,
negosiasi, dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks ,
negosiasi dan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Contoh
lembar kegiatan membandingkan teks anekdot dan humor
·
perbedaan
teks anekdot dengan teks humor
·
persamaan
teks anekdot dengan teks humor
·
contoh
lembar kegiatan analisis isi teks anekdot
·
Analisis isi
teks anekdot meliputi aspek kelucuan,adanya
sindiran,penggunaan
pengandaian,dan pertanyaan retorika
·
Analisis
penggunanaan bahasa teks anekdot meliputi pilihan kata, gaya bahasa, dan
konjungsi
·
Contoh
lembar kegiatan identifikasi teks anekdot.
·
Identifikasi
karakteristik teks anekdot
·
Contoh
lembar kegiatan evaluasi teks anekdot
·
Evaluasi
struktur isi dan bahasa teks anekdot
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks anekdot,
menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, mengkomunikasikan temuan
mengenai struktur dan kaidah teks anekdot
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati menanya (berfikir
divergen), menalar, mencoba dan mengkomunikasikan temuan mengenai perbedaan
dan persamaan teks anekdot dan teks humor
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks anekdot,
menanya (berfikir divergen), menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan hasil
analisis terhadap isi teks anekdot yang meliputi aspek kelucuan , adanya
sindiran, pengandaian, pertanyaan retorika dan penggunaan bahasanya
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks anekdot yang diamati dengan menerapkan pendekatan
saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Melakukan
kegiatan mengevaluasi (menemukan kekurangan dan kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tertulis
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Soal uraian
·
Pilihan
ganda
·
Portofolio
|
Keteram-pilan
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam
ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di
sekolah secara mandiri.
|
4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, negoasiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan
hasil observasi, , prosedur kompleks, negosiasi dan teks eksposisi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot , laporan hasil observasi, prosedur komplek,
negosiasi dan teks eksposisi, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, ,prosedur
kompleks, negosiasi dan teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot laporan hasil observasi, ,prosedur kompleks,
negosiasi dan teks eksposisi kedalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Pemahaman
isi teks anekdot
·
Makna kata,
istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot
·
Contoh teks
anekdot
·
Contoh ragam
topik
·
Langkah-langkah
penulisan teks anekdot (mengamati, menemukan topik, mengembangkan sesuai
dengan struktur isi dan ciri bahasa teks anekdot
·
Contoh
lembar kegiatan menyunting
·
Penyuntingan
isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan
bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan , dan tanda baca
·
Contoh
lembar kegiatan mengabstraksi teks anekdot.
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks
anekdot
·
Contoh
lembar kegiatan mengonversi teks anekdot
·
Langkah-langkah
konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah-langkah
konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
·
Melakukan
kegiatan mengamati teks anekdot ,memahami isi atau makna teks anekdot serta
menemukan makna kata, istilah dan ungkapan dalam teks anekdot dengan
menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Membuat teks
anekdot sesuai dengan langkah-langkah penulisan teks anekdot (mengamati,
menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa
teks anekdot)
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menyunting
teks anekdot berdasarkan struktur isi teks dan struktur kalimat, ejaan serta
tanda baca dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
garis besar isi teks anekdot yang diamati dengan berpedoman pada langkah-langkah
pembuatan abstraksi teks anekdot dengan menerapkan pendekatan saintifik
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
·
Menulis
ulang teks anekdot yang diamati dalam bentuk uraian monolog dan teks drama
pendek berisi kritik sosial dengan memperhatikan struktur teks anekdot
·
Melaksanakan
latihan dan tugas
|
Teknik Penilaian:
· Tes tulis dan lisan
·
Portofolio
hasil kerja siswa dan catatan guru
Bentuk instrumen penilaian:
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
Comments
Post a Comment
BC Adetya Rakasihwi - tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE